Sebutkan minimal 5 pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut

Berikut ini adalah pertanyaan dari putriamal1860 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan minimal 5 pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli adalah

  1. Menurut Henry Simamora (1999), bahwa sumber daya manusia merupakan suatu pemanfaatan, pengembangan, penilaian, pemberian remunerasi bahkan pengelolaan individu anggota organisasi.
  2. Menurut Achmad S Rucky, bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu penerapan yang tepat dan efektif dalam proses perolehan manfaat yang dimiliki oleh suatu organisasi dengan tujuan untuk mencapai tingkat pemanfaatan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi dalam mencapai tujuannya.
  3. Menurut Sofyandi (2009), bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan sebagai strategi dalam melaksanakan fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan pengendalian.
  4. Menurut Bohlander dan Snell (2010), bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana memberdayakan karyawan di perusahaan termasuk menciptakan lapangan kerja, kelompok kerja, mengembangkan karyawan yang memiiki kemampuan, mengidentifikasi pendekatan untuk mendapatkan pengembangan kinerja karyawan dan memberi perhargaan atas usaha bahkan pekerjaannya.
  5. Menurut desseler (2015), bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu proses yang memperoleh bahkan pemberian kompensasi pada karyawan untuk mengelola hubungan kerja, kesehatan bahkan keselamatan yang berkaitan dengan keadilan.

Pembahasan

Sumber daya manusia merupakan salah satu potensi yang dimiliki oeh setiap orang dalam mewujudkan sesuatu sebagai makhluk sosial atau sumber daya manusia juga merupakan suatu kemampuan daya pikir bahkan daya fisik yang dimiliki seorang individu dan berperilaku dipengaruhi oleh keturunan maupun ingkungannya serta bekerja karena termotivasi oleh keinginannya dalam memenuhi kepuasannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dari sumber daya manusia, antara lain:

  1. Pendidikan, bertujuan untuk menghasilkan sumber daya yang berkualitas dan memilliki daya saing dalam meningkatkan produktivitas dalam bekerja sehingga tujuan organisasi dengan mudah untuk tercapai.
  2. Lingkungan, dimana lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk karakter manusia, sehingga dapat menghasilkan SDM yang berkualitas bahkan memiliki daya saing, misalnya lingkungan tempat tinggal, ingkungan bermain, lingkungan pendidikan dan lain sebagainya.
  3. Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia umumnya berfokus  pada pendidikan yang menjadi jalan yang paling utama dalam menghasilkan sumber daya manusai yang berkualitas. Dengan demikian, upaya dalam melakukan pendidikan sejak usia dini bahkan peningkatan kualitas pendidikan sejak dari dasar.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Pengertian sumber daya manusia yomemimo.com/tugas/12564406?referrer=searchResults.

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 08 Aug 22