1. a. Dalam etika administrasi selalu terkait dengan filsafat, jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. a. Dalam etika administrasi selalu terkait dengan filsafat, jelaskan yang dimaksud dengan filsafat disini!b. Apa kaitannya etika administrasi dengan studi Filsafat?
2. a. Dalam kehidupan manusia yang terbaik terdapat 3 asas luhur yang wajib dianut dan dilaksanakan
oleh setiap orang, yaitu :
1. Keutuhan watak;
2. Keadilan;
3. Kesusilaan;
Jelaskan ke tiganya!
b. Jelaskan asal mula nilai Utama dalam kehidupan!
3. a. Apa yang dimaksud nilai ektrinsik dan intrinsik pada mata kuliah Etika Adm. Pemerintahan?
b. Apa manfaat Keadilan Sebagai Kebajikan Moral Bagi Administrator Pemerintahan, silahkan
ungkapkan!
4. Jelaskah salah satu tujuan yang harus dilaksanakan oleh sebuah negara yang baik dengan
pemerintahnya yang bijak!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1.A. Filsafat dalam etika administrasi adalah proses berpikir secara matang, berstruktur, dan mendalam terhadap hakikat dan makna yang terkandung dalam materi ilmu administrasi.

b. Kaitan etika administrasi dengan studi filsafat ialah memiliki kaitan yang kuat antara pemikiran seseorang yang hakikat dan maknanya sesuai dengan etika administrasi.

2.a. Pengertian keutuhan watak, keadilan, dan kesusilaan :

  • Keutuhan Watak : kesempurnaan akhlak pribadi dari seseorang dalam menjalani hidupnya dan melaksanakan pekerjaan serta mencakup tiga kebajikan utama dalam kehidupan berupa kejujuran (hasrat untuk bertindak lurus tanpa menyimpang dari norma kebenaran), kesetiaan (kesadaran untuk setulusnya patuh pada tujuan bangsa, konstitusi negara, peraturan perundangan, badan instansi, tugas jabatan, dan pihak atasan demi tercapainya cita-cita bersama yang ditetapkan), dan pengabdian (hasrat untuk menjalankan tugas dengan sepenuh tenaga, semangat, dan perhatian tanpa pamrih pribadi).
  • Keadilan : kemampuan yang tetap dan kekal untuk memberikan kepada setiap orang apa yang semestinya (jaminan agar hak-hak setiap orang tidak dilanggar oleh siapapun dan perlakuan yang sama terhadap setiap orang sesuai dengan kemampuan atau jasanya).
  • Kesusilaan : suatu asas yang menunjukkan kebajikan pribadi dalam diri seseorang yang senantiasa berusaha mempunyai akhlak yang baik dan menunjukkan kelakuan yang benar, sehingga setiap anggota masyarakat harus bersungguh-sungguh berusaha mempunyai kesusilaan dalam dirinya dan melaksanakan dalam hidupnya sehingga masyarakat menjadi hidup aman, damai, dan tenteram.

b. Asal mulai nilai utama dalam kehidupan berasal dari nilai-nilai hidup dan kehidupan yang merupakan hasil kebudayaan; atau salah satu unsur kebudayaan adalah nilai-nilai hidup dan kehidupan.

3.a Nilai ektrinsik dan intrinsik

  • Nilai Intrinsik adalah nilai di mana perilaku seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu demi dirinya sendiri. Keinginan ini dimulai dari perasaan akan pencapaian, kepuasan, tekanan, tenggat waktu, dan lain-lain.
  • Nilai Ektrinsik adalah nilai yang mengacu pada jenis motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dengan tujuan untuk mendapatkan hadiah atau menghindari konsekuensi negatif. Seorang karyawan yang menyelesaikan sebuah pekerjaan dan mendapatkan penghargaan dalam bentuk bonus uang, akan cenderung mengulang hal tersebut karena termotivasi dengan penghargaan tersebut.

b. Manfaat keadilan bagi administator pemerintahan adalah Dengan nilai kebajikan sebagai dasar moral maka pemerintah di Indonesia menciptakan suatu masyarakat yang didalamnya tidak ada lagi pihak yang dinafikan kebutuhan dasarnya.

Pemerintah harus berusaha agar setiap individu mendapat hak-hak sosialnya secara penuh dan utuh memperoleh jaminan sosial secara proporsional serta manfaat dari sumber daya alam dan kekayaan negara dapat dinikmati oleh semua elemen masyarakat.

4. Tujuan yang harus dilaksanakan oleh sebuah negara yang baik dengan pemerintahnya yang bijak yaitu Menciptakan keadaan di mana rakyat dapat mencapai keinginan-keinginan mereka secara maksimal. Yang artinya pemerintah wajib memperhatikan rakkyatnya agar mendapatkan kehidupan yang layak serta mendapatkan keadilan yang sama, tidak ada pembeda apapun.

Pembahasan :

Etika administrasi publik adalah ilmu pengetahuan tentang ajaran moral dan asas kelakuan yang baik bagi para administrator pemerintahan dalam menunaikan tugasnya.

Dalam kajian etika dikenal tiga teori/aliran besar, yaitu deontologi, teleologi dan keutamaan. Setiap aliran memiliki sudut pandang sendiri-sendiri dalam menilai apakah suatu perbuatan dikatakan baik atau buruk.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang etika

yomemimo.com/tugas/1585715?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22