4. Jika APBD mengalami defisit, analisislah sumber pembiayaan defisit APBD

Berikut ini adalah pertanyaan dari niamardani25 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Jika APBD mengalami defisit, analisislah sumber pembiayaan defisit APBD tersebut Jawab: 5. Analisislah pengaruh APBD terhadap perekonomian suatu negara! Jawab:​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

4.Jika APBD defisit maka sumber pembiayaan di ambil dari  penerimaan pembiayaan, termasuk dalam penerimaan pembiayaan tersebut misalnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran  tahun sebelumnya, penggunaan cadangan, penerimaan pinjaman, hasil penjualan kekayaan daerah yang  dipisahkan, dan penerimaan kembali pemberian pinjaman atau penerimaan piutang.

PEMBAHASAN :

Defisit APBD merupakan selisih kurang antara Pendapatan Daerah dan Belanja Daerah pada tahun anggaran yang sama. Defisit terjadi bila jumlah pendapatan lebih kecil daripada jumlah belanja.

Apabila APBD mengalami defisit, defisit tersebut dapat dibiayai dengan penerimaan pembiayaan, termasuk dalam penerimaan pembiayaan tersebut

  • Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun sebelumnya,
  • penggunaan cadangan,
  • penerimaan pinjaman,
  • hasil penjualan kekayaan daerah yang  dipisahkan,
  • dan penerimaan kembali pemberian pinjaman atau penerimaan piutang.

SiLPA merupakan dana milik daerah yang bersangkutan, sehingga tidak menimbulkan risiko fiskal seperti halnya pinjaman. jika  APBD mengalami defisit, tidak ada pendanaan khusus yang disalurkan dari APBN kepada daerah untuk menutup defisit tersebut.

5. dampak APBD terhadap perekonomian negara

  • Terjadi pembangunan di berbagai sektor APBDmerupakan pedoman bagi perekonomian yang bertujuan untuk menstabilkanperekonomian daerah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan.
  • Mempengaruhi rencana-rencana sektor swasta
  • APBD merupakan salah satu pertimbangan bagiinvestor dalam menanamkan modalnya.
  • Berpengaruh dalam perdagangan internasional
  • Kebijakan pengaturan tarif pajak ekspor dilakukan untuk melindungi kepentingan produsen dalam negeri, serta mengamankan neraca perdagangan internasional.
  • Sebagai alat politik fiskal Pemerintah daerah  sengaja mengubah-ubah pengeluaran dan penerimaan untuk  mencapai kestabilan ekonomi. Teknik mengubah pengeluaran dan penerimaan yang dilakukan oleh pemerintah disebut dengan kebijakan fiskal.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayliyacute dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 23 Apr 22