4. Jelaskan metode penugasan serta tahapannya!

Berikut ini adalah pertanyaan dari hubutola pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Jelaskan metode penugasan serta tahapannya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam melaksanakan proses atau metode penugasanada beberapalangkah langkah yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Guru atau pengajar haruslah memberikan tugas yang jelas, seperti soal yang jelas dan benar, apa yang ditanyakan pada soal dan yang lainnya.

2. Tempat pengumpulan tugas dan lama waktu mengerjakan juga harus jelas.

3. Sebelum tugas diberikan haruslah dijelaskan terlebih dahulu petunjuk petunjuk pengerjaan, sehingga siswa memahami soal dengan baik dan berupaya untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

4. Saat siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas, guru hendaknya bisa membantu membimbing siswa bagaimana cara menyelesaikan tugas tersebut.

5. Memberikan dorongan dan motivasi bagi beberapa siswa yang masih malas mengerjakan tugasnya.

Pembahasan:

Dalam pembelajaran atau proses belajar mengajar seorang siswa hendaknya diberikan sebuah tantangan yang membuat dirinya terdorong untuk melakukan sebuah kegiatan yang dapat menumbuhkan dan membangun kretifitas dalam dirinya. Oleh karena itu, seorang siswa diberikan tugas yang berguna untuk mendorong suatu proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ada yang namanya metode penugasan atau metode resitasi. Apa sih yang dimaksud dengan metode penugasan atau metode resitasi ini?

Metode PenugasanatauMetode Resitasi adalah suatu metode yang dilakukan seorang guru atau pengajar kepada muridnya yang dilakukan dengan memberikan sebuah tugas tertentu yang akan diselesaikan oleh sang murid diluar jam pelajaran yang berguna untuk melatih siswa dalam hal pelajaran yang sedang dipelajari, biasanya hal ini dilakukan kerena banyaknya materi yang harus dipelajari sedangkan waktu yang ada sangatlah terbatas. Pemberian tugas ini bertujuan untuk melatih siswa berpikir komprehensif, melatih kreatifitas, membuat proses belajarmengajar menjadi lebiheksploratifserta menumbuhkankebiasaankegiatanbelajar yang mandiri.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi :

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22