2. Sebutkan dan jelaskan peran lembaga- lembaga dalam hubungan industrial

Berikut ini adalah pertanyaan dari bizomahu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Sebutkan dan jelaskan peran lembaga- lembaga dalam hubungan industrial nasional dalam kesempatankerja bersama.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berikut beberapa peran lembaga-lembaga dalam hubungan industrial nasional dalam kesepakatan kerja bersama:

1. Lembaga kerja bipartit memiliki fungsi untuk forum komunikasi dan konsultasi terhadap permasalahan tenaga kerja di suatu perusahaan. Hal ini harus dilakukan agar meminimalisir hingga mencegah terjadi tidak kepedulian terhadap tenaga kerja di perusahaan.

2. Lembaga kerja tripartit memiliki fungsi mirip dari forum komunikasi, konsultasi, lembaga kerja hingga negosiasi terhadap luar organisasi bukan perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena lembaga kerja harus berinteraksi dengan pihak luar yang mana agar mengembangkan perusahaan serta bersih dari pengelolaan perusahaaan tersebut.

3. Lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial memiliki fungsi menyelesaikan perselisihan antara pengusaha dan karyawan. Hal tersebut dilakukan agar terciptanya hubungan yang baik antar pengusaha dan karyawan sehingga kedua sama-sama berjalan dengan baik.

Penjelasan:

Industri Nasional adalah sebuah industri dalam negeri yang mana bisa menghasilkan berbagai barang maupun jasa yang akan digunakan di dalam negeri maupun di jual di luar negara.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nandoliufernando dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22