2 Silahkan analisis teori kuantitas uang menurut David Ricardo jika

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Silahkan analisis teori kuantitas uang menurut David Ricardo jika di ketahui M = 10; k = ¼. Bagaimanahubungan antara jumlah uang beredar dengan inflasi menurut Teori kuantitas uang David Ricardo?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Teori kuantitas uangmenurutDavid Ricardoadalahjumlah uang yang beredar mempengaruhi kekuatan nilai uang. Maka, jika diketahui M=10 dan K = ¼ maka P atau harga adalah 0,4.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui

  • Jumlah uang (M) = 10
  • Konstantan (K) = ¼

Ditanyakan = harga?

Jawab

Rumus yang digunakan adalah:

  • P =\frac{1}{K x M}
  • P = \frac{1}{\frac{1}{4} x 10}
  • P = \frac{1}{2,5}
  • P = 0,4

Dalam teori yang dikemukakan oleh David Ricardo, terdapat asumsi jika jumlah uang berubah naik dua kali lipat maka harga akan naik dan nilai uang akan turun menjadi setengah dari semula. Dari asumsi ini diketahui rumus dasar teori David Ricardo adalah M = k.P.

Sementara itu Bank Indonesia mengemukakan bahwa inflasi adalah kondisi di mana harga barang dan jasa mengalami kenaikan secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Maka berdasarkan teori David Ricardo, jika jumlah uang beredar tinggimaka akan mendorongkenaikan harga barang dan jasadan akanmenyebabkan inflasi. Pada kondisi inflasi, uang menjadi sangat lemah dan tidak memiliki kekuatan di pasar untuk membeli barang.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang teori kuantitas Irving Fisher pada yomemimo.com/tugas/6277741

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22