2. Pada dasarnya terdapat dua pandangan terhadap desain organisasi, yaitu

Berikut ini adalah pertanyaan dari comitele86 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Pada dasarnya terdapat dua pandangan terhadap desain organisasi, yaitu pandangan klasik dan neoklasik. Menurut Anda bagaimana sisi positif dan negatif dari kedua pandangan tersebut dan berikan
contohnya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Desain organisasi klasik:

  • Sisi positifnya adalah organisasi tidak memerlukan berbagai pendekatan interpersonal untuk berjalan, cukup dengan mengikuti peraturan yang ada maka kinerja akan terpola dengan sendirinya.
  • Sisi negatifnya adalah pada saat terjadi masalah maka sisi pendekatan psikologis dan interpersonal tidak akan dilakukan karena semuanya terpola otomatis sesuai peraturan yang ada. Hal ini malah akan menimbulkan dampak psikologis lain yang mempengaruhi efektifitas organisasi.

Desain organisasi neoklasik:

  • Sisi positifnya adalah para anggota organisasi masing-masing berperan dengan didasari motivasi psikologis sehingga tanpa pengawasan pun akan tetap berjalan dengan baik.
  • Sisi negatifnya adalah akan banyak perubahan atau kompromi terhadap peraturan yang sudah mapan karena pertimbangan sisi psikologis sehingga efisiensi organisasi bisa tersendat.

Pembahasan

Seperti kita ketahui bahwa pandangan klasikberpegang pada pemikiranspesialisasi dan sentralisasi yang kaku dan menyisakan sedikit ruang untuk improvisasi. Sedangkan pandangan neoklasik memberikan banyak ruang untuk improvisasi dan pendekatan psikologis interpersonal. Kedua sisi mempunyai sisi kefektifan masing-masing yang harus diolah sedemikian rupa agar bisa berjalan secara efektif.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh OmKalem dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22