1. Saudara diminta harus melakukan analisis tentang perbedaan ketiga pendekatan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mesohaga2 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Saudara diminta harus melakukan analisis tentang perbedaan ketiga pendekatan materi geografi!2. Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang menguntungkan berbagai pihak, utamanya
anggotanya. Untuk itu koperasi ada sampai di pelosok desa. Sebagai guru, bagaimana cara Anda
mengajarkan konsep Koperasi pada siswa SD dan berikan contoh koperasi yang ada dilingkungan
sekolah!
3. Jelaskan 3 macam status dalam masyarakat!
4. Kebudayaan merupakan kata yang sering kita temui. Jelaskan makna kebudayaan!
Berikan contoh kebudayaan yang ada dilingkungan sekitar!

5. Jelaskan upaya dan solusi terbaik dalam rangka melestarikan kebudayaan daerah di Indonesia!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pendekatan materi geografi dibagi menjadi, yaitu pendekatan keruangan, pendekatan ekologi dan pendekatan kompleks wilayah.

Pembahasan :

1. Pendekatan geografi merupakan pendekatan yang digunakan untuk memahami fenomena atau interaksi antara manusia dengan lingkungan. Dimana pendekatan geografi sendiri dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu :

  • Pendekatan Keruangan, yaitu pendekatan yang berfokus pada persebaran ruang dalam geosfer. Maksudnya adalah pendekatan untuk mengetahui persamaan maupun perbedaan atas ruang geosfer yang dibutuhkan. Contoh, untuk membangun sebuah pemukiman kita harus mengetahui informasi tentang lahan tersebut, baik luas maupun kondisi di sekitarnya.
  • Pendekatan Ekologi, yaitu pendekatan yang menunjukkan interaksi antara manusia dan lingkungan berikut dengan perilaku serta kebiasaannya. Contoh, untuk bertahan hidup manusia akan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya. Seperti penduduk yang tinggal di daerah lereng gunung akan memiliki aktivitas dan kebiasaan yang berbeda dengan penduduk yang tinggal di sekitar pantai.
  • Pendekatan Kompleks Wilayah, merupakan gabungan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi. Dimana terdapat interaksi antar wilayah untuk sebuah kebutuhan sehingga mempengaruhi aktivitas individunya. Contoh, terjadinya kerja sama antara desa dan kota untuk pemenuhan kebutuhan satu sama lain (desa membutuhkan barang teknologi, kota membutuhkan hasil pertanian).

2. Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang didirikan dengan tujuan bersama dan selalu berusaha memberikan keuntungan bagi berbagai pihak terutama anggotanya. Koperasi yang berada di sekolah khususnya sekolah dasar merupakan tempat bagi para siswa untuk belajar bekerja sama dengan orang lain serta mengajarkan nilai-nilai kebajikan seperti jujur dan bertanggung jawab. Koperasi sekolah biasanya menjual barang-barang kebutuhan sekolah seperti alat tulis, buku, seragam dan atribut lainnya dengan harga yang relatif murah. Mengapa demikian ? karena koperasi sekolah didirikan sebagai saran para murid untuk belajar bukan untuk mencari keuntungan.

3. Dalam masyarakat terdapat 3 bentuk status sosial, yaitu :

  • Ascribed status, yaitu status yang diperoleh seseorang sejak awal kelahirannya. Contohnya jenis kelamin, warna kulit, dan agama.
  • Achieved status, yaitu status yang diperoleh seseorang setelah bekerja dan berusaha dengan giat. Contoh, seorang bakul jamu yang bekerja keras sampai menjadi pemilik pabrik jamu ternama.
  • Assigned status, yaitu status yang diperoleh seseorang atas pemberian berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Contoh, Ki Hajar Dewantara dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional karena kepintaran dan kegigihannya.

4. Kebudayaan berasal dari kata budaya yang dalam bahasa sanskerta (buddhayah) berarti budi dan akal. Sehingga budaya atau kebudayaan dapat diartikan sebagai cara pandang, kebiasaan dan segala sesuatu yang tertanam dalam masyarakat serta diwariskan secara turun temurun. Kebudayaan merupakan seluruh komponen yang ada dalam suatu masyarakat meliputi kebiasan, kepercayaan, adat, kesenian, moral, pengetahuan dan masih banyak komponen lainnya. Contoh, Banyuwangi memiliki kebudayaan Tari Gandrung, atau Bali dengan Tari Kecak dan Upacara Ngebennya.

5. Upaya dalam rangka melestarikan kebudayaan daerah di Indonesia bisa dilakukan dengan cara berikut.

  • Mencintai dan mempelajari kebudayaan daerah masing-masing
  • Menghadiri pertunjukkan/event kebudayaan daerah
  • Memperkenalkan kebudayaan daerah kepada orang lain
  • Mengikuti organisasi kebudayaan daerah,misalnya sanggar seni

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang geografi pada link

yomemimo.com/tugas/3725944?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22