3. a. Terdapat beberapa model implementasi kebijakan. Grindle dan Thomas

Berikut ini adalah pertanyaan dari nugogala pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. a. Terdapat beberapa model implementasi kebijakan. Grindle dan Thomas misalnya, mengemukakan 2(dua) model implementasi kebijakan, yakni model linier dan model interaktif. Jelaskan kedua model
implementasi menurut Grindle dan Thomas tersebut!
b. Kebijakan publik di negara kita tidak jarang mengalami kegagalan dalam tataran implementasinya.
Sebutkan salah satu contoh kebijakan publik yang gagal dalam implementasinya, dan berikan
analisis Anda mengapa hal tersebut terjadi melalui tulisan singkat dalam satu halaman, dengan
perspektif pendekatan model atau aktor dalam implementasi kebijakan publik!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Model implementasi menurut Grindle memperkenalkan model implementasi sebagai proses politik dan administrasi. Model tersebut menggambarkan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh beragam aktor, di mana keluaran akhirnya ditentukan oleh materi program yang telah dicapai maupun melalui interaksi para pembuat keputusan dalam konteks politik administratif. Proses politik dapat terlihat melalui proses pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai aktor kebijakan, sedangkan proses administrasi terlihat melalui proses umum mengenai aksi administratif yang dapat diteliti pada tingkat program tertentu.

Model Implementasi Kebijakan adalah:

  • Kebijakan yang diinginkan (idealized policy); pola interaksi yang dikehendaki dan apa yang hendak diubah oleh suatu kebijakan.
  • Kelompok sasaran (target group); sekelompok masyarakat yg hendak dipengaruhi dan diubah.
  • Organisasi pelaksana (implementing organisation); sebuah satuan birokrasi pemerintah yang bertanggung jawab atas kebijakan tertentu.
  • Faktor lingkungan (environmental factors); unsurunsur lingkungan kebijakan yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan.

Menurut Thomas Thomas R. Dye (1981) memberikan pengertian dasar mengenai kebijakan publik sebagai apa yang tidak dilakukan maupun yang dilakukan oleh pemerintah. Pengertian ini kemudian dikembangkan dan diperbaharui oleh ilmuwan-ilmuwan yang berkecimpung di ilmu kebijakan publik sebagai penyempurnaan karena arti itu jika diterapkan, maka ruang lingkup studi ini menjadi sangat luas, disamping kajiannya yang hanya terfokus pada Negara sebagai pokok kajian.

b. Kebijakan Publik yang gagal dalam implementasinya salah satu contoh nya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan pada Perubahan Kepemilikan Angkutan Umum Milik Perseorangan Menjadi Badan Hukum di Surabaya. Hal ini dapat terjadi karena terdaapat banyak faktor penghambat keberhasilan implementasi tersebut, contohnya antara lain :

  • Komunikasi
  • Sumber Daya
  • Lingkungan

Pembahasan :

Implementasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap sempurna.

Pelajari Lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang implementasi pada yomemimo.com/tugas/15005859?source=quick-results&auto-scroll=true&q=implementasi

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22