2 Ayu bersuku Jawa akan melangsungkan pernikahan dengan Gusti bersuku

Berikut ini adalah pertanyaan dari hozomita pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Ayu bersuku Jawa akan melangsungkan pernikahan dengan Gusti bersuku Banjar Kalimantan, pada sukuBanjar sebelum melangsungkan pernikahan ada yang dinamakan Bahantaran atau maantar jujuran.
Berdasarkan atas kesepakatan bersama keluarga, mereka melaksanakan Bahantaran sesuai dengan
proses adat Banjar.
1. Berdasarkan kasus di atas rincikan bentuk perkawinan yang dilaksanakan!
2. Tentukan fungsi dari Bahantaran yang berasal dari adat Banjar tersebut berdasarkan bentuk
perkawinan dalam masyarakat adat!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Berdasarkan kasus diatas, Bentuk perkawinan yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan adat Banjar. karena, sebelum melangsungkan pernikahan telah melakukan adat yang bernama Bahantaran atau maantar jujuran. yang mana selanjutnya tetap akan mengikuti adat banjar.

2. Fungsi dari Bahantaran yaitu menghargai posisi calon mempelai perempuan. Adat ini juga sekaligus membahas tentang waktu pernikahan serta upacara pernikahan.

Pembahasan :

Tradisi Maantar Patalian Pada Perkawinan Masyarakat Adat Banjar Kalimantan Selatan atau menyebutkan Baantar jujuran dalam adat Banjar.  Adat itu menandai hadiah, tanda telah menerima salam, di mana maantar jujuran tidak hanya total uang yang diberikan namun juga persediaan barang-barang penting untuk pengantin diberikan oleh mempelai laki-laki.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari Lebih Lanjut tentang pekawinan adat pada yomemimo.com/tugas/6940866?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22