5 Jelaskan pemahaman Anda mengenai transformasi budaya lokal, peradaban, serta

Berikut ini adalah pertanyaan dari samsondavit2 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5 Jelaskan pemahaman Anda mengenai transformasi budaya lokal, peradaban, serta sikap dan tindakannegatif terhadap budaya lokal akibat pengaruh budaya global!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pemahaman mengenai :

  • Transformasi Budaya Lokal merupakan perubahan sistem budaya yang terjadi didalam masyarakat akibat adanya unsur dari luar atau faktor-faktor yang menjadikan pergeseran budaya lokal.
  • Peradaban merupakan proses berubahnya kegiatan masyarakat meliputi budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, dari kurun waktu tertentu sehingga terkihat adanya perbedaan dari waktu ke waktu.
  • Sikap dan tindakan negatif terhadap budaya lokal akibat adanya pengaruh budaya global, dapat diartikan dengan berubahnya budaya seiring dengan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang menjadikan hal-hal negatif mudah masuk kedalam pola berfikir suatu kelompok atau individu yang menjadikan budaya baru dengan meninggalkan budaya lama, seperti misalnya adanya alat komunikasi seperti smartphone menjadikan orang menjadi ketergantungan akan fungsi dari smartphone tersebut, yang dengan mudah mengabaikan budaya lokal, dengan smartphon orang menghilangkan budaya silaturahmi menggantikannya dengan pertemuan via chat yang ada dalam aplikasi smartphone.

Pembahasan

Perubahan budaya merupakan bergesernya pola kebudayaan yang terjadi pada norma-norma, nilai-nilai, dan ketentuan hukum dalam masyarakat akibat adanya perubahan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi,dan lain sebagainya yang merupakan wujud dari suatu budaya. Perubahan budaya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat pada umumnya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut teori tentang Perubahan Budayapadayomemimo.com/tugas/2445781

#Belajarbersamabrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh azisriyadi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22