Menurut teori kuantitas uang, kalau jumlah uang beredar bertambah akan

Berikut ini adalah pertanyaan dari salwasrg28721 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Menurut teori kuantitas uang, kalau jumlah uang beredar bertambah akan dapat menyebabkan terjadinya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Uang beredar bertambah akan dapat menyebabkan terjadinya inflasi.

Pembahasan

Inflasi merupakan salah satu proses meningkatnya harga secara umum dan terus menerus sehubungan dengan mekanisme pasar yang dipengaruhi banyak faktor misalnya peningkatan konsumsi masyarakat, likuiditas dipasar yang berlebih sehingga dapat memicu konsumsi bahkan spekulasi hingga ketidaklancaran distribusi barang. Inflasi juga merupakan salah satu indikator dalam melihat tingkat perubahan, bahkan dianggap terjadi apabila proses kenaikan harga berlangsung terus menerus dan saling berpengaruh satu sama lain. Ada beberapa penyebab inflasi, antara lain:

  1. Dengan adanya permintaan yang meningkat atau Demand pull inflation, yang disebabkan oleh kelebihan pemintaan maupun kelebihan permintaan yang menyebabkan terjadinya permintaan atau permintaan masyarakat terhadap suatu barang cukup tinggi.
  2. Jumlah uang yang beredar bertambah banyak atau Quantity theory inflation, dengan bertambahnya jumlah uang beredar yang mengakibatkan jumlah uang beredar berpendapat bahwa ada hubungan antara jumah uang beredar bahkan harga.
  3. Dengan adanya biaya produksi yang meningkat atau Cosh push inflation, merupakan biaya produksi yang meningkatkan dari peningkatan biaya produksi yang terus menerus selama periode waktu tertentu.
  4. Terjadinya inflasi campuran atau mixrd inflation, dengan terjadinya dapat dipengaruhi oleh adanya kenaikan penawaran bahkan permintaan sehingga membuat adanya ketidakseimbangan antara dua hal tersebut.
  5. Inflasi terjadi karena adanya ekspektasi atau expected inflation, merupakan penyebab perilaku masyarakat yang percaya bahwa situasi ekonomi akan membaik di masa depan. Dengan demikian, ekspektasi masyarakat terdapat situasi ekonomi ke depan dapat menjadi penyebab terjadinya inflasi di Indonesia yang khususnya inflasi permintaan maupun infasi biaya produksi.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Jenis-jenis inflasi yomemimo.com/tugas/13739699?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 08 Aug 22