4 Menurut Andersen (1980) ada dua metode yang dapat digunakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari puputnoviyana434 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Menurut Andersen (1980) ada dua metode yang dapat digunakan untuk mengukur ranah afektif, yaitumetode observasi dan metode laporan diri yang memerlukan kejujuran observer (yang diobservasi).
Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai pernyataan tersebut?
Kemudian jelaskan tahapan pengembangan instrument penilaian afektif

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut pendapat saya, pernyataan Andersen (1980) tersebut sudah tepat, karena ranah afektif itu berhubungan dengan sikap dan nilai sehingga dibutuhkan kejujuran dari observer untuk mendapatkan hasil/penilaian yang akurat.

Beberapa tahapan pengembangan intrument Afektif, yaitu:

Instrument penilaian Afektif ini terdiri dari pengamatan sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral. Diperlukan 11 langkah dalam penilaian Afektif ini, diantaranya:

1. Menentukan spesifikasi instrument, ini terdiri dari tujuan dan kisi-kisi instrumen.

2. Menulis instrumen, ada lima ranah afektif yang bisa dinilai di sekolah, yaitu sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral.

3. Menentukan skala instrument, skala yang sering digunakan adalah skala Thurstone, skala Likert, dan Skala Beda Semantik.

4. Menentukan sistem penskoran, ini tergantung dari skala penskoran. Misalnya, ketika menggunakan skala Thurstone maka skor tertinggi untuk setiap butir adalah 7 dan paling rendah adalah 5.

5. Menelaah instrumen, hasil telaah ini nanti akan digunakan untuk perbaikan terhadap konstruksi instrumen.

6. Merakit instrumen, seperti menentukan formt tata letak instrumen, urutan pertanyaan antara yang satu dengan lainnya.

7. Melakukan uji coba, pada saat melakukan uji coba, yang perlu dicatat adalah saran responden terhadap kejelasan pedoman pengisian instrumen. Waktu yang diperlukan agar tidak jenuh adalah tidak lebih dari 30 menit.

8. Analisis hasil uji coba, apabila daya beda butir dari setiap intrumen lebih dari 0.30, yaitu korelasi antara skor butir dengan skor total, maka butir instrumen dapat dikatakan baik.

9. Perbaikan instrumen, perbaikan ini dilakukan terhadap butir-butir yang tidak baik.

10. Pengukuran, pelaksanaan pengukuran disarankan di waktu dan tempat yang nyaman bagi responden

11. Menafsirkan hasil pengukuran, untuk menafsirkannya diperlukan suatu kriteria yang disesuaikan dengan skala dan jumlah butir yang digunakan.

Pembahasan:

Afektifadalah segala sesuatu yangberhubungan dengan sikap dan nilai, sehingga penilaian afektif berarti penilaian yang berfokus pada sikap dan nilai.

Tipe hasil belajar afektif akan terlihat pada tingkah laku siswa, seperti perhatiannya terhadap pelajaran, disiplin, motivasi belajar, dapat menghargai guru dan teman sekelasnya, dapat juga terlihat dari kebiasaan belajar dan hubungan sosialnya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang penilaian afektif pada yomemimo.com/tugas/6381344?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22