3. Apa yang dimaksud dengan kurs tersebut dan apa saja

Berikut ini adalah pertanyaan dari arikurniawann66 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Apa yang dimaksud dengan kurs tersebut dan apa saja jenis kurs yang berlaku di indonesia?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Kurs Jual

Kurs jual biasa digunakan oleh bank, money changer atau pedagang valuta asing. Artinya, istilah tersebut juga bisa kamu sebut juga dengan harga jual mata uang yang sudah ditetapkan oleh pihak bank, money changer, atau pedagang valuta asing.

Nilai tukar jual digunakan oleh pihak bank dan money changer untuk melakukan transaksi penukaran mata uang serta digunakan oleh pedagang valuta asing untuk menjual valuta asing.

Salah satu contohnya adalah ketika kamu menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang dollar.

Contoh kasus untuk menghitung kurs jual adalah ketika kamu sedang pergi berlibur ke Amerika, tentu kamu akan menggunakan dollar Amerika untuk melakukan transaksi selama berada di Amerika.

Oleh karena itu, kamu harus pergi ke bank atau money changer untuk menukarkan mata uang rupiahmu menjadi dollar Amerika.

Pada saat kamu menukarkan uangmu, nilai tukar jual dollar Amerika adalah 1 USD = Rp14.500. Sedangkan kamu ingin menukarkan uang rupiahmu sebanyak 20 juta.

Maka, kamu bisa menghitungnya dengan rumus sebagai berikut.

USD = (uang rupiah yang kamu miliki) / (kurs jual)

USD = Rp20.000.000 / Rp14.500 = 1379,3 USD.

Artinya, kamu akan memperoleh sekitar 1379,3 USD ketika kamu menukarkan uang sebanyak Rp20 juta.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh verlianivaleri17 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22