Kerjakanlah Tugas 2 berikut ini 1. Perilaku kolektif mengandung makna

Berikut ini adalah pertanyaan dari yudosbastyan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kerjakanlah Tugas 2 berikut ini1. Perilaku kolektif mengandung makna bahwa ada penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh suatu kelompok, dan ada beberapa faktor yang menunjang tersebarnya suatu perilaku kolektif di masyarakat

a. Carilah contoh perilaku kolektif yang sudah tersebar di masyarakat

b. Berdasarkan jawaban di atas, jelaskan faktor-faktor yang menunjang keberhasilan perilaku kolektif tersebut sehingga bisa tersebar.



2. Jelaskan mengapa pendidikan bagi anak perempuan masih kurang mendapat perhatian, kaitkan dengan pembahasan tentang sosialisasi gender

3. Berdasarkan pengamatan Anda di Indonesia berikan contoh masyarakat dengan sistem stratifikasi tertutup dan stratifikasi terbuka. Berikan alasan teoritis atas jawaban Anda tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Faktor yang menunjang tersebarnya suatu penyimpangan perilaku kolektif di masyarakat:

a. Contoh perilaku kolektif yang sudah tersebar di masyarakat: kawin cerai.

b. Faktor-faktor yang menunjang keberhasilan perilaku kolektif tersebut sehingga bisa tersebar:

  • Pengaruh budaya barat yang mudah ditemukan terutama dengan kemajuan teknologi sosial media.
  • Pendidikan agama yang kian memudar di masyarakat yang juga disebabkan pengaruh budaya barat tersebut.
  • Pengaruh banyaknya artis dan selebriti yang sering kali kawin dan cerai seakan itu hal yang sudah biasa.
  • Pengaruh budaya barat pergaulan bebas sehingga dengan mudahnya seseorang bertukar pasangan dan tidak lagi menghargai keperawanan seorang wanita.

2. Pendidikan bagi anak perempuan masih kurang mendapat perhatian di masyarakat karena stereotipikal masyarakat yang masih mengutamakan pria sebagai makhluk dengan derajat yang lebih tinggi dimana pria adalah sosok yang kuat yang berperan sebagai kepala rumah tangga. Wanita sebagai tingkatan yang lebih rendah hanya berfungsi sebagai ibu rumah tangga pendamping suami.

3.

a. Contoh masyarakat Indonesia dengan Sistem Stratifikasi Tertutup adalah sistem perkastaan di Pulau Bali. Sistem Stratifikasi Tertutup ini sudah dilakukan turun temurun sejak dahulu kala yang berasal dari sistem kasta kerajaan dimana keluarga kerajaan memiliki tingkat derajat yang lebih tinggi daripada masyarakat biasa dengan macam-macam tingkatan sesuai profesinya.

b. Contoh masyarakat Indonesia dengan Sistem Stratifikasi Terbuka adalah masyarakat desa yang sempat mengenyam pendidikan tinggi dan akhirnya menjadi orang sukses baik berusaha ataupun bekerja, tingkat stratanya dapat berubah ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena pendidikan dapat memungkinkan merubah strata seseorang dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi.

Pembahasan

Sistem Stratifikasi Terbuka

Sistem Stratifikasi Terbuka adalah sebuah sistem sosial yang memungkinkan anggotanya untuk merubah tingkat status sosialnya ke tingkat yang berbeda. Contohnya, seorang petani di desa setelah mengecap pendidikan perguruan tinggi dan bekerja beberapa tahun di kota besar akhirnya diangkat sebagai seorang manager perusahaan. Dengan demikian petani tersebut bertengger pada Sistem Stratifikasi Terbuka dimana yang bersangkutan dapat meningkatkan status sosialnya dari petani di desa menjadi seorang manager di kota besar.

Sistem Stratifikasi Tertutup

Stratifikasi Stratifikasi Tertutup adalah sistem sosial dimana anggotanya sudah tertata dalam kelompok sosial tertentu yang sudah tidak dapat berpindah karena terikat dengan identitas sosial budaya masyarakatnya.

Contohnya adalah masyarakat yang masih mengenal sistem kasta seperti di Pulau Bali dan negara India dimana masyarakatnya sudah lahir dengan turun temurun diwariskan dengan kastanya masing-masing dari yang tingkatan yang tertinggi sampai yang terendah.  

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan tentang Sistem Stratifikasi Terbuka dan Tertutup yomemimo.com/tugas/22408131

Penjelasan tentang Sistem Stratifikasi Terbuka dan Tertutup yomemimo.com/tugas/14270897

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 23 Aug 22