Praktek Proteksionisme Negara Amerika Serikat (AS) dibawah Presiden Donald J

Berikut ini adalah pertanyaan dari antoratman970 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Praktek ProteksionismeNegara Amerika Serikat (AS) dibawah Presiden Donald J Trump, sebagai salah satu pemain utama dalam bisnis internasional, sudah menyetujui untuk menerapkan kebijakan proteksionis dengan mengenakan tariff bea masuk impor sebesar 25% untuk produk baja dan tariff 10% untuk impor aluminium.

Menurut anda , apakah kebijakan ini masih kondusif untuk perdagangan internasional saat ini?

Apa dampak yang mungkin terjadi dari negara-negara eksportir baja dan alumunium ke AS (misalnya : China) ?

Apakah akan ada dampaknya terhadap perdagangan dengan Indonesia, sebagai salah satu negara berkembang, yang memiliki surplus neraca perdagangan dengan AS ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Proteksionisme merupakan salah satu kebijakan ekonomi yang membatasi perdagangan internasional dengan melalui pembebanan tarif bea masuk impor (tariff protection), dapat juga dengan pembatasan kuota, pemberian subsidi (non-tariff protection), atau hukum nasional lainnya sebagai metode untuk menekan impor di suatu negara.

Pembahasan:

Pembebanan tarif pajak yang terlalu tinggi awalnya bertujuan untuk menekan neraca Defisit AS terhadap China untuk menekan kerugian.

Namun, kebijakan ini menjadi boomerang bagi AS, dikarenakan Pemerintah China juga membalas Proteksionisme dengan pembebanan tarif pajak yang sama tingginya.

Hal tersebut berdampak ke sektor pertanian AS yang sebagian besar Ekspor pertanian di ekspor ke China.

China diketahui sebagai negara ekportir baja dan alumunium, Khususnya untuk ekspor ke AS, menyebabkan ekspor China ke AS berkurang dan menurunkan PDB (Pertumbuhan Produk Domestik Bruto) China.

Dampak "Perang Dagang" AS dan China dampaknya tidak langsung ke Indonesia, karena pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar dipengaruhi oleh faktor dalam negeri Indonesia sendiri.

Namun karena baik AS maupun China merupakan mitra perdagangan Indonesia juga, pemerintah harus siap menghadapi dampak perang dagang As dan China dengan mencari pasar ekspor baru, seperti Asia Selatan, Eropa Timur, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

Pelajari Lebih Lanjut:

Untuk mempelajari tentang Proteksionisme, dapat dipelajari lebih lanjut melalui link berikut:

yomemimo.com/tugas/12745916

yomemimo.com/tugas/4990390

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22