2 Dalam pasar monopoli, kurva permintaan yang identik dengan kurva

Berikut ini adalah pertanyaan dari wahidahnurul142 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Dalam pasar monopoli, kurva permintaan yang identik dengan kurva permintaan perusahaan, dimanakeduanya memiliki slope yang menurun.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam pasar monopoli kurva permintaan yang identik dengan kurva permintaan perusahaan dimana memiliki slope menurun dari kiri atas ke kanan bawah.

Pembahasan :

Pasar monopoli merupakan jenis pasar yang bersifat independen karena hanya terdiri dari satu perusahaan atau pedagang. Itulah mengapa kurva permintaan dalam pasar monopoli disebut sebagai kurva permintaan perusahaan. Dalam pasar tersebut hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar sehingga bebas menentukan harga jual. Produk yang ditawarkan di pasar monopoli juga merupakan barang yang sulit untuk diduplikat sehingga penjual tidak perlu khawatir tentang pesaing.

Dalam kurva permintaan pasardankurva permintaan perusahaan sama-sama memiliki slope yang menurun, yaitu dari kiri atas ke kanan bawah. Dimana di sisi horizontal merupakan garis yang menggambarkan jumlah output yang dihasilkan, sedangkan di sisi vertikal menggambarkan tingkat harga yang ditawarkan.

Mengapa kurva permintaan pasar memiliki slope yang menurun ?

Posisi slope yang menurun dari kiri atas ke kanan bawah menunjukkan perjalanan jumlah produksi dengan permainan harga. Semakin sedikit output yang dihasilkan maka semakin tinggi harga yang ditawarkan. Begitupula sebaliknya, semakin banyak output yang dihasilkan semakin rendah harga yang ditawarkan.

Ini juga terjadi dalam pasar monopoli yang pada dasarnya hanya terdiri dari satu perusahaan saja. Contoh pasar monopoli adalah PLN, PDAM dan PERTAMINA. Ketiga perusahaan tersebut hanya satu satunya yang menguasai pasar dan sulit untuk di duplikasi. Misalkan, PDAM menghasilkan output yang sedikit karena terdapat masalah di pusat pabrik otomatis air akan mengalami kenaikan harga. Sedangkan ketika PDAM sudah memproduksi dalam jumlah normal harga juga akan mulai menurun. Seperti itulah permainan harga dalam pasar. Bedanya adalah dalam pasar monopoli seberapa tinggi harga yang ditawarkan konsumen akan tetap melakukan konsumsi karena memang tidak terdapat barang pengganti yang sama.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang kurva permintaan dan pasar monopoli pada link yomemimo.com/tugas/1756981?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22