PT. Medan Jaya belum menyelesaikan laporan keuangan perusahaan tahun 2015

Berikut ini adalah pertanyaan dari filbertfelims pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

PT. Medan Jaya belum menyelesaikan laporan keuangan perusahaan tahun 2015 sampai dengan bulan Juni 2016, karena perubahan sistem akuntansi di Perusahaan. Direncanakan sampai akhir Juni laporan keuangan tidak dapat diselesaikan. Jelaskan apa yang harus dilakukan perusahaan dan konsekuensi atas langkah yang dilakukan perusahaan tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Yang harus dilakukan perusahaan terkait keterlambatan penyelesaian laporan keuangan tahunan adalah segera menyelesaikan laporan tersebut dan dapat menggunakan jasa akuntan atau orang yang berpengalaman untuk menyelesaikan laporan keuangannya.

Konsekuensi atas tindakan diatas adalah adanya pandangan ketidakmampuan perusahaan serta pihak ketiga yang membantu menyusun laporan keuangan perusahaan mengetahui posisi finansial perusahaan.

Konsekuensi atas keterlambatan laporan keuangan akan berdampak pada kemampuan perusahaan tersebut di mata publik dan keterlambatan penyediaan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan.

Penjelasan:

Maksimal publikasi dari laporan keuangan adalah 3 bulan setelah berakhirnya tahun buku perusahaan bersangkutan. Misal, tahun buku perusahaan A adalah 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020, maka maksimal pelaporan laporan keuangannya adalah pada 31 Maret 2020.

Laporan keuangan perlu dikeluarkan secara tepat waktu karena laporan keuangan merupakan informasi yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan atas perusahaan, baik dari sisi manajerial perusahaan sendiri maupun dari sisi investor.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang apa yang dimaksud laporan keuangan pada link berikut ini yomemimo.com/tugas/9903602

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 19 Jul 22