Ayo dijawab pertanyaan tugas rutin 1 akuntansi non akuntan

Berikut ini adalah pertanyaan dari nashadi80 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ayo dijawab pertanyaan tugas rutin 1 akuntansi non akuntan
Ayo dijawab pertanyaan tugas rutin 1 akuntansi non akuntan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Akun merupakan media akuntansi untuk mencatat transaksi keuangan yang mengakibatkan terjadinya perubahan aktiva, utang, modal, pendapatan, dan beban. Dalam pencatatan itu, akun akan digolongkan berdasarkan transaksi-transaksi yang sejenis. Pada akhirnya pencatatan dan penggolongan akun tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam penyusunan laporan keuangan.[1]

Dalam dunia akuntansi, penggolongan akun dilakukan untuk memenuhi tiga tujuan utamanya, yaitu:

  1. Menunjukkan tempat pencatatan unsur aktiva, kewajiban, modal, pendapatan, beban, dan prive.
  2. Menunjukkan pertumbuhan atau pengurangan unsur-unsur harta, utang, modal, pendapatan, beban, dan prive.
  3. Menjadi sumber informasi mengenai posisi harta, utang, modal, dan perubahannya. Hal ini akan dipakai sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

jenis akun dapat digolongkan menjadi 2 yaitu akun riil dan akun nominal.

  1. Akun riil (tetap)

Akun riil merupakan kelompok akun yang dilaporkan dalam neraca. Jenis-jenis saldo ini adalah harta, kewajiban, dan modal. Dalam penerapannya, akun riil akan dibawa dari satu periode ke periode selanjutnya.

2. Akun nominal (sementara)

Akun nominal merupakan kelompok akun yang disajikan dalam laporan laba rugi. Jenis dari akun ini adalah pendapatan dan beban.

2. jenis-jenis usaha yang mempengaruhi pencatatan akuntansi :

  1. perusahaan jasa (menawarkan jasa)

perusahaan jasa merupakan perusahaan yang tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan. Tetapi produk mereka bersifat tidak berwujud seperti perusahaan dagang atau manufaktur.

2. perusahaan dagang (menjual barang)

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis.

3. perusahaan manufaktur (memproduksi barang)

perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang memperoleh produk yang dibuat dari bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan jadi, untuk kemudian diolah sedemikian rupa menjadi produk dengan nilai jual yang lebih tinggi dari bahan baku.

3. kurang paham

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh wulllaann dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 17 May 22