bagaimana hubungan antara BUMN,BUMS dan KOPERASI dalam memajukan perekonomian Indonesia?jelaskan!!

Berikut ini adalah pertanyaan dari dwistyni42 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana hubungan antara BUMN,BUMS dan KOPERASI dalam memajukan perekonomian Indonesia?jelaskan!!tolong dibantu jawab yaa kaka² secepatnya ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1.PERAN BUMN ( BADAN USAHA MILIK NEGARA )

BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) merupakan pelaku utama dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu, BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) mempunyai peranan penting dalam penyelenggaran perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Peran BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) dalam sistem perekonomian adalah sebagai pengahasil barang atau jasa demi pemenuhan hajat orang banyak. Peranan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) lainnya adalah sebagai pelopor di sektor-sektor yang belum diminati oleh swasta, pelaksanaan pelayanan publik, pembuka lapangan pekerjaan, penghasil devisa negara, membantu pengembangan usaha kecil dan menengah serta koperasi, dan mendorong aktvitas masyarakat di berbagai bidang usaha.

2.PERAN BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) juga memiliki peranan dalam kegiatan perekonomian secara nasional dan juga global. Kekuatan finansial (dana), profesionalisme, fleksibiitas yang dimiliki oleh BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) membuat pemeritah Indonesia perlu melibatkan BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) Dalam kemitraan untuk membangun perekonomiaan Indonesia. Adapun peranan BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) dalam perekonomian Indonesia antara lainnya :· Sebagai mitra BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ). Saat ini BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) mulai dilibatkan pada sektor-sektor yang mengusai hajat hidup orang banyak yang sebelumnya hanya dikuasai oleh BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) saja. BUMS ( Badan Usaha Milik Swasta ) dibutuhkan kontribusinya dalam hal penanaman modal ( investasi), pengembangan usaha, peningkatan efisiensi, dan kemampuan teknis serta pemenuhan kebutuhan masyarakat yang pada akhirnya menuju pada peningkatan laba BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ). Contohnya adalah Pt. Pertamina yang kini menggandeng Pt. Medco energy internasional tbk untuk membangun pabrik gas alam di Sulawesi.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh tutiaulia7680 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 28 Apr 22