Carilah 20 contoh jenis nama-nama makanan yang dibuat dengan cara

Berikut ini adalah pertanyaan dari ItssOkayyTarii pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Carilah 20 contoh jenis nama-nama makanan yang dibuat dengan cara direbus beserta asal tempat daerah dari makanan tersebut ...Bantu jawab dong banhh ^_^

20 point + jawaban tercerdas....
jawabnya yg bener y , no ngasal ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

  • CABUK RAMBAK

Cabuk rambak adalah makanan khas Indonesia dari Kota Surakarta. Dalam buku “Kuliner Tradisional Solo yang Mulai Langka” oleh Dawud Achroni, kata cabuk mengacu pada ‘saus berbahan utama wijen putih’ yang digunakan pada makanan ini. Sementara itu, rambak adalah ‘kerupuk yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau’.

  • GUDEG

Dalam buku “Kuliner Yogyakarta Cerita di Balik Nikmatnya” oleh Rifqa Army, nama “gudeg” didapat dari istilah bahasa Jawa hangudek. Istilah hangudek memiliki arti ‘proses mengaduk’.

  • MANISAN PALA

Manisan pala adalah makanan ringan khas Aceh yang terbuat dari manisan buah-buahan. Selain sebagai camilan, manisan pala juga biasa disajikan pada berbagai perayaan. Di Aceh, manisan pala disajikan pada perayaan hari-hari besar.

  • MEUSEUKAT

Meuseukat adalah salah satu kue tradisional khas Aceh. Meusekat termasuk jenis dodol nanas khas Aceh. Makanan khas ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan buah nanas sehingga memberikan warna kuning.

  • BAGAR ASAM

Bagar asam adalah makanan khas Bengkulu. Dalam “Ensiklopedia Makanan Tradisional Indonesia” dijelaskan, bagar asam merupakan makanan lauk pauk pendamping atau pelengkap dalam mengkonsumsi nasi.

  • KAREDOK

Karedok adalah makanan khas Jawa Barat yang berisi bermacam-macam sayuran. Hidangan sederhana dan sehat ini menggunakan bahan-bahan segar dan mentah yang diiris dan disajikan dengan saus kacang tradisional.

  • EMPAL GENTONG

Empal gentong adalah sup tradisional yang berasal dari Cirebon. Sup ini dimasak dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Bahan-bahan empal gentong adalah kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut.

  • AYANG TALIWANG

Ayam Taliwang adalah Makanan khas Indonesia dari Lombok dibuat dengan ayam (lebih disukai ayam kampung), yang dipotong dan dibersihkan sebelum dipanggang. Setelah dipanggang setengah, dikeluarkan dari panggangan dan dilunakkan dengan alu.

  • LONTONG KRUBYUK

Lontong krubyuk berasal dari Jepara dan terdiri dari lontong yang disajikan dengan suwiran daging ayam rebus yang disiram kuah bakso dan ditaburi campuran tauge setengah matang dan irisan seledri.

  • RAWON

Makanan khas Indonesia selanjutnya berasal dari Jawa Timur, yaitu rawon. Warna hitam kecoklatan rawon berasal dari keluak, buah pohon kepayang. Sebelum dimasak untuk bahan rawon, keluak harus direbus hingga masak dan diperam dalam abu selama satu bulan.

  • AYAM BETUTU

Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam atau bebek sebagai bahan baku utamanya.

  • NASI TIMBEL

Nasi timbel adalah hidangan tradisional khas Jawa Barat. Olahan sederhana ini terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga empuk.

  • BEBAI MAGHING

Bebai maghing adalah makanan khas Lampung. Bebai maghing sering juga disebut dengan Biak injak.Keunikan nama makanan khas Indonesia ini dibahas dalam buku “Ensiklopedia Makanan Tradisional Indonesia”. Bebai artinya 'wanita', maghing artinya 'malas'. Jadi, bebai maghing artinya 'wanita malas'.

  • KERAK TELOR

Kerak telor adalah makanan khas Indonesia dari budaya Betawi. Hidangan ini dapat ditemukan di Jakarta dan sekitarnya. Kerak telor terdiri dari nasi ketan dan telur yang digoreng dalam bentuk panekuk atau telur dadar dan ditaburi kelapa parut goreng dan bawang merah goreng.

  • SEBLAJ

Seblak merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Hidangan inilah memiliki rasa gurih dan pedas. Bahan utama seblak adalah kerupuk basah yang dimasak dengan sumber protein (telur, ayam, seafood atau daging sapi) dan saus pedas.

  • CILOK

Makanan khas Jawa Barat ini terdiri dari bola-bola kenyal yang diolah dengan bahan dasar tepung tapioka dan berbagai tambahan meliputi udang kering, bawang putih, dan daun bawang. Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Aci adalah nama lain dari tepung tapioka. Ukuran cilok mungkin berbeda-beda, tetapi biasanya ukurannya hampir sama dengan bakso.

  • NASI TUTUG ONCOM

Nasi tutug oncom atau kadang hanya disebut tutug oncom, adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari nasi dicampur dengan kacang oncom yang difermentasi. Hidangan ini berasal dari Tasikmalaya.

  • GULAI TEPEK IKAN

Gulai tepek ikan merupakan salah satu masakan khas yang berasal dari Kota Seberang, Jambi. Makanan ini hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu, misalnya, pernikahan, kenduri, acara adat, atau acara penyambutan tamu. Jadi, makanan ini tidak dijual bebas di warung makan

  • PAPEDA

Papeda adalah makanan khas Indonesia yang banyak dikonsumsi di Papua dan Maluku. Dalam buku “Sagu dan Olahan Khasnya” oleh Redite Kurniawan, papeda adalah makanan komunikasi karena sejak proses pengolahan pohon sagu hingga memasak dan menyantapnya selalu dilakukan bersama-sama oleh banyak orang.

Kalo terlalu banyak, tulisnya yang bagian penting²nya aja ya ^^

thx

SELAMAT BELAJAR & MENGERJAKAN

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ALFIJI87 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 07 Jul 22