Supervisor pada ‘Bank Utama’ menduga bahwa karyawan marketing bisa mendapatkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari sonyasnt24 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Supervisor pada ‘Bank Utama’ menduga bahwa karyawan marketing bisa mendapatkan lebih dari 50 nasabah baru per hari. Sampel sebanyak 60 karyawan marketing bisa mendapatkan rata-rata 55 nasabah baru per hari, dengan varians sebesar 64. Apakah dugaan supervisor terbukti benar pada α 2,5 %?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Karyawan marketing di suatu bank diduga oleh supervisor mampu memperoleh lebih dari lima puluh nasabah setiap hari. Suatu sampel yang terdiri atas enam puluh karyawan marketingmemperolehrata-rata55 nasabah baru setiap hari denganvariansi sebesar 64. Dengan α senilai 2,5%, sampel yang ada mendukungataumembuktikan dugaan supervisortersebut bahwa karyawanmarketing mampu memperoleh lebih dari lima puluh nasabah baru per hari. Kesimpulan ini diperoleh dengan menggunakan konsep uji hipotesismenggunakanstatistik t.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui:

μ₀ = 50

n = 60

\bar{x} = 55

σ² = 64

α = 2,5%

Ditanya: kesimpulan tentang dugaan supervisor (menggunakan uji hipotesis)

Jawab:

Misalkan X merupakan peubah acakyang menyatakan banyaknya nasabah baru yang dapat diperoleh karyawanmarketing setiap hari. Pertama, rumuskan hipotesis. Dugaan supervisor ditempatkan pada H₁ karena mengandung tanda ketaksamaan.

H₀: μ = 50

H₁: μ  > 50

Dengan tingkat signifikasi senilai 2,5% atau 0,025, diperoleh daerah kritis (dengan bantuan tabel statistik tdaninterpolasi nilai):

t_{hitung} > t_{0,025;60-1}=t_{0,025;59}=2,0009

Mari hitung nilai statistik t.

t_{hitung}=\frac{\bar{x}-\mu_0}{s/\sqrt{n}}=\frac{55-50}{\sqrt{64}/\sqrt{60}}=\frac{5}{8/2\sqrt{15}}=\frac{5}{4}\sqrt{15}\approx4,84

Karena t_{hitung} = 4,84 > 2,0009, maka H₀ ditolak. Jadi, dengan tingkat signifikansi 2,5%, sampel yang ada mendukung atau membuktikan dugaan supervisortersebut bahwa karyawanmarketing bisa mendapatkan lebih dari 50 nasabah baru per hari.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Menentukan Nilai Statistik t dari Tabel yomemimo.com/tugas/51085425

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh anginanginkel dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 07 Aug 22