1. Berikan Analisa Anda mengenai kasus ” Sido Muncul, lakukan

Berikut ini adalah pertanyaan dari imamkurdianil pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Berikan Analisa Anda mengenai kasus ” Sido Muncul, lakukan persiapan danperbaikan terus menerus”.
Berikan pula contoh kasus selain contoh di atas.
40
2. Berikan analisa Anda terkait dengan tantangan manajemen di Sido muncul. Kaitkan
analisa Anda dengan teori.
40
3. Menurut Anda bagaimana Sido Muncul bisa survive sampai dengan sekarang?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Sido Muncul dapat bertahan sampai sekarang berkat persiapan dan perbaikan terus menerus yang mereka lakukan pada produk dan manajemennya. Dengan melakukan hal tersebut maka Sido Muncul selalu menjadi yang terdepan (market leader) untuk produk-produk herbal. Contoh lain adalah perusahaan makanan cepat saji Mc Donald yang senantiasa berinovasi dengan produk-produknya menyesuaikan kondisi lokal seperti Ayam Rica-rica, Soda Gembira, Burger Rendang, dan lain-lain.

2. Menurut teori kreativitas dari Frinces dimana “Kreativitas merupakan daya cipta. Dimana daya ini memberikan suatu pondasi kuat dalam mengembangakn sebuah usaha.  Dengan adanya kemauan yang kuat, maka akan menciptakan sesuatu yang bersifat baru”. Dengan kreatifitas pengembangan produknya Sido Muncul dapat menjawab tantangan zaman dengan menciptakan pondasi kuat perusahaannya untuk selalu menjadi yang terdepan sesuai teori Frinces ini.

3. Sido Muncul bisa survive sampai dengan sekarang karena selalu mengutamakan kreatifitas dan inovasi produk sehingga menjadi market leader di bidang produk herbal. Sido Muncul tidak segan-segan untuk berinvestasi dalam perkembangan riset untuk senantiasa menciptakan produk unggulan yang diminati masyarakat.

Pembahasan

Kreatifitas adalah pengetahuan dan kemampuan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang lain yang dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas. Kemampuan kreatifitas harus dibarengi dengan investasi pada bidang R & D (Research and Development) dengan menggunakan peralatan dan sumber daya manusia yang handal.

Beberapa teori tentang kreatifitas antara lain:

• Menurut BARON, dikutip dari buku Ngalimun dkk, kreativitas adalah kepiawaian menghasilkan hal baru.

• Menurut GUILFORD, dikutip dari Ngalimun dkk, kreativitas adalah suatu perlakuan kepada seseorang yang membuatnya menjadi kreatif.

• Menurut JAWWAD, dikutip dari Kemendikbud, kreativitas adalah intelektual berpikir untuk mencapai hasil yang berbeda, baru dan dapat digunakan dalam sebuah ilmu, olahraga, sastra atau bidang kehidupan lainnya.

• Menurut CHANDRA, dikutip dari Kemendikbud, kreativitas adalah kemampuan mental yang diciptakan dari segala jenis kepandaian manusia yang dapat menghasilkan karya cipta yang berbeda, original, dan lain daripada yang lain, tepat guna, tepat sasaran dan lain-lain.

• Menurut MASLOW, dikutip dari Kemendikbud, kreativitas adalah daya khayal dan daya cipta yang otentik seperti pada anak-anak tanpa berprasangka, bersikap asertif dan langsung memandang segala hal seperti apa adanya. Sifat ini sering disebut sebagai penjelmaan aktualisasi diri.

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan tentang Kreatifitas yomemimo.com/tugas/14855034

Penjelasan tentang inovasi yomemimo.com/tugas/3348945

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 23 Aug 22