Bila dilihat dari faktor iklim di indonesia, maka faktor iklim

Berikut ini adalah pertanyaan dari fitriyahnurmawaty pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bila dilihat dari faktor iklim di indonesia, maka faktor iklim tersebut akan mempengaruhi kebudayaan di indonesia. Jelaskan hal tersebut

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jenis iklim dipengaruhi oleh letak wilayah yang menentukan pola perilaku wilayah tersebut. Misalnya, iklim daerah pegunungan dan pesisir memiliki ciri khas tersendiri. Dalam kegiatan sehari-hari, iklim  mempengaruhi pakaian masyarakat. Misalnya, orang yang tinggal di daerah pegunungan yang dingin cenderung memakai pakaian yang berat, sedangkan orang yang tinggal di daerah pesisir cenderung memakai pakaian yang ringan. Hal tersebut yang akan berpengaruh terhadap kebudayaan masing-masing daerah di Indonesia.

Penjelasan:

Faktor geografis berperan dalam membentuk keragaman budaya masyarakat. Ada delapan faktor yang mempengaruhi budaya manusia, antara lain faktor lokasi, jenis iklim, gelombang permukaan, jenis tanah, jenis flora dan fauna, kualitas air, mata air mineral, dan kontak dengan laut. Selain jenis iklim, posisi strategis dan kondisi ekologis juga mempengaruhi keberagaman budaya di Indonesia.

Letak Indonesia yang bersimpangan dengan Selat Malaka dan telah lama menjadi jalur perdagangan internasional, turut mempengaruhi budaya masyarakat Indonesia. Dengan kedatangan negara asing dan pertemuan dengan penduduk lokal, menjadi mungkin untuk menghubungkan budaya.

Ekologi dalam hal ini berfokus pada hubungan antara manusia dan lingkungan dalam kaitannya dengan  suku bangsa Indonesia dan keragaman budaya. Faktor ekologi memiliki implikasi penting. Misalnya, orang Baduy  membangun rumah yang saling berhadapan, hanya menghadap utara dan selatan. Hal ini dilakukan agar sinar matahari  menyinari seluruh ruangan melalui jendela-jendela di samping rumah.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang faktor iklim, pada: yomemimo.com/tugas/7093923

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 13 Jun 22