tuliskan serta jelaskan jenis kegiatan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi tiga

Berikut ini adalah pertanyaan dari anditasyaputri8626 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tuliskan serta jelaskan jenis kegiatan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi tiga

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jenis kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi tiga yakni:

  • Produksi, merupakan kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai dari guna barang dan jasa. Dalam proses produksi ini merupakan proses dari mengeluarkan hasil, penghasilan dan pembuatan barang.
  • Distribusi, merupakan proses penyaluran barang atau produk dari produsen ke konsumen. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.
  • Konsumsi, merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk menghabiskan nilai dari guna suatu barang atau produk tersebut.

Pembahasan:

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Tiga pokok dalam kegiatan ekonomi yakni produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga pokok tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain, karena manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhannya sendiri. Sehingga mendorong manusia untuk melakukan kerjasama dalam pemenuhan kebutuhannya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kegiatan ekonomi di Indonesiadapat disimak diyomemimo.com/tugas/5860219

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22