unsur-unsur yang termasuk sumber-sumber penerimaan negara yaitu

Berikut ini adalah pertanyaan dari hessi9304 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Unsur-unsur yang termasuk sumber-sumber penerimaan negara yaitu

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Negara memiliki beberapa sumber penerimaan yang terbagi pada unsur pajak dan non pajak.

Penjelasan:

Dilihat berdasarkan landasan hukumnya, Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 menjelaskan pendapatan negara sebagai semua penerimaan negara yang terdiri dari pajak, penerimaan negara bukan pajak, dan penerimaan dana hibah. Penerimaan  negara bukan pajak sendiri dijelaskan lebih rinci dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 1997, yaitu dengan mencakup penerimaan pemerintah yang berasal dari pemanfaatan sumber daya alam, hasil pengelolaan kekayaan negara, penerimaan dari pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah, denda administrasi, dan lainnya yang diatur dalam undang-undang tersendiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerimaan negara sumbernya dalam bentuk pajak yang terbagi pada pajak dalam negeri dan pajak perdagangan internasional, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) mencakup seluruh penerimaan negara lainnya yang bukan berasal dari pajak.

Pelajari lebih lanjut mengenai jenis-jenis pajak pada: yomemimo.com/tugas/3496898

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22