Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut

Berikut ini adalah pertanyaan dari Rifalle3801 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut .... a. eksportir b. importir c. ekspor d. impor

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut (c) ekspor.

Pembahasan:

Ekspor (Export) adalah aktifitas kegiatan mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri. Sebaliknya Impor adalah aktifitas kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Sedangkan istilah Eksportir dan Importiradalah untuk pelaku usaha dari kegiatanEkspor dan Impor tersebut.

Karena kegiatan ekspor dan impor adalah kegiatan lintas negara maka banyak kebijakan perdagangan internasional yang cukup beragam yang diterapkan oleh masing-masing negara yang berkepentingan antara lain:

  1. Penetapan tarif Ekspor Impor – Tarif ini pada dasarnya adalah pajak yang dikenakan oleh negara yang bersangkutan.
  2. Quota Impor – Quota Impor merupakan program pemerintan suatu negara untuk membantu situasi dalam negerinya yang mungkin sedang mengalami kekurangan produk-produk tertentu sehingga harus mengimpor dari negara lain.  
  3. Larangan Ekspor Impor – Larangan ini bertujuan untuk melindungi industri-industri strategis dalam negeri suatu negara baik untuk alasan ekonomi maupun politik.
  4. Subsidi – Subsidi biasa dilakukan pemerintah untuk mengurangi biaya produksi suatu barang agar lebih kompetitif dan dapat bersaing dengan produk impor. Subsidi juga dapat dimanfaatkan untuk dapat diekspor dengan harga yang dapat bersaing dengan harga dari negara lain.
  5. Dumping – Dumping adalah upaya seseorang pengusaha atau suatu pemerintah negara untuk menjual barang ke suatu negara dengan harga yang sangat murah. Harga ini kemungkinan mendapat subsidi besar dari pemerintahnya atau juga bisa dari barang-barang kelebihan stok atau alasan lain. Dumping ini dapat menyebabkan 2 hal:  yaitu dapat menguntungkan konsumen negara mengimpor karena harga yang murah atau dapat mematikan produsen-produsen dalam negeri karena harga mereka tidak dapat bersaing.
  6. Nilai Kurs Mata Uang – Fluktuasi nilai kurs mata uang sangat berpengaruh pada aktifitas ekspor impor yang dapat berpotensi menjadi berkah ataupun malapetaka apabila tidak diantisipasi dengan matang.

Pelajari lebih lanjut:

Penjelasan tentang Ekspor dan Impor yomemimo.com/tugas/2660844

Penjelasan tentang Ekspor dan Impor yomemimo.com/tugas/8704338

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22