Bank Indonesia selaku bank sentral memiliki peran besar dalam perekonomian,

Berikut ini adalah pertanyaan dari babayyuswanto pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bank Indonesia selaku bank sentral memiliki peran besar dalam perekonomian, jika negara mengalami inflasi. Dalam mengatasi inflasi bentuk kebijakan Bank Indoonesia adalah kebijakan moneter. Menurut Anda bagaimana strategi kebijakan moneter BI agar dapat lebih memfokuskan pada sasaran akhir pengurangan inflasi?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Strategi kebijakan moneter BI agar dapat lebih memfokuskan pada sasaran akhir pengurangan inflasi yaitu sebagai berikut:

  1. Operasi pasar terbuka (open market operation), yaitu BI menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menjual atau membeli surat berharga di pasar uang.
  2. Fasilitas diskonto (discount facility), yaitu BI menambah atau mengurangi jumlah uang beredar dengan cara menaikkan suku bunga diskonto. Dengan menetapkan suku bunga kebijakan BI 7DRR sebagai instrumen kebijakan utama untuk mempengaruhi aktivitas kegiatan perekonomian.
  3. Cadangan wajib (reserve requirement), yaitu cadangan minimum yang harus dimiliki bank komersial untuk menjaga lukuiditasnya. Jika cadangan wajib dinaikkan maka jumlah uang beredar akan turun dan dapat menekan inflasi.
  4. Himbauan moral, yaitu BI menghimbau para pelaku bank komersial agar melakukan sesuai kebijakan yang diambil oleh bank sentral.

Pembahasan

Inflasi dapat berpotensi untuk melemahkan nilai mata uang suatu negara yang dapat menyebabkan terjadinya resesi ekonomi atau penurunan keadaan ekonomi pada suatu negara. Umumnya negara akan menerapkan berbagai macam cara sebagai upaya dalam menghindari suatu goncangan ekonomi. Motedi yang umunya dilakukan yaitu kebijakan moneter.

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diterbitkan bank sentral untuk menstabilkan ekonomi. Tujuannya yaitu mengendalikan perekonomian makro demi terciptanya ekonomi stabil dan cara mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat. Inflasi akan dapat dikontrol jika peredaran uang dapat dikendalikan. Selain bertujuan mengatur jumlah uang beredar, kebijakan moneter juga dilakukan dengan cara menetapkan suku bunga yang dijadikan acuan oleh bank pusat atau sentral.

Secara umumebijakan moneter memiliki beberapa tujuan yaitu stabilitas ekonomi, stabilitas neraca pembayaran, stabilitas harga dan membuka lapangan pekerjaan

Di berbagai belahan dunia, kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi selalu ditunggu oleh berbagai pihak, seperti analis ekonomi, bankir, dan investor. Hal tersebut dikarenakan setiap langkah kebijakan moneter yang diambil pemerintah akan mempengaruhi kondisi ekonomi makro.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang kebijakan moneter mengatasi inflasi yomemimo.com/tugas/1893417
  2. Materi tentang kebijakan moneter BI yomemimo.com/tugas/21518187
  3. Materi tentang  kebijakan mengurangi inflasi yomemimo.com/tugas/9666151

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Ekonomi

Bab: 4

Kode: 11.12.4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh windiprtw123 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 11 Aug 22