Bank xyz berencana memberi pinjaman kepada perusahaan abc oleh bank

Berikut ini adalah pertanyaan dari ALwann2861 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bank xyz berencana memberi pinjaman kepada perusahaan abc oleh bank indonesia, rencana bank xyz tidak di setujui karena nilai pinjaman terlalu besar. prediksikan apa yang terjadi jika rencana bank xyz di realisasikan?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Yang terjadi jika rencana Bank XYZ direalisasikan:

  1. Penerima pinjaman PT ABC dapat mengalami gagal bayar.
  2. Timbulnya inflasi.
  3. Terjadinya ketidakstabilan mata uang rupiah.

Pembahasan:

Pinjam meminjam terjadi antara debitur dan kreditur. Debitur adalah seseorang atau lembaga yang mengambil hutang atau pinjaman dari orang atau institusi lain. Sementara kreditur adalah kebalikannya, seseorang atau lembaga yang memberi hutang atau pinjaman kepada orang atau institusi lain.

Contohnya adalah jika perusahaan PT ABC menjadi debitur dengan meminjam uang di Bank XYZ yang menjadi kreditur.  Untuk menghindari gagal bayar, maka kreditur harus memastikan peminjam atau debitur memiliki kemampuan mengembalikan pinjaman. Salah satu caranya adalah dengan memeriksa data-data keuangan

Dalam soal ini, PT ABC ingin meminjam ke Bank XYZ tetapi ditolak pinjamannya yang terlalu besar dan PT ABC dianggap berpeluang tidak dapat mengembalikan pinjaman tersbeut. Gagal bayar pinjaman ini jika terjadi akan dapat merugikan Bank XYZ sebagai pemberi pinjaman. Jika terlalu banyak perusahaan gagal bayar akan menyebabkan ketidakstabilan pada ekonomi dan nilai mata uang rupiah, misalnya seperti yang terjadi pada saat krisis moneter tahun 1998.

Pemberian pinjaman pada perusahaan PT ABC yang tidak seharusnya diberi akan menyebabkan spekulasi, dan meningkatkan peredaran uang, sehingga menyebabkan inflasi.

Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki tugas menjaga kestabilan nilai mata uang rupiah. Karena itu, Bank Indonesia mengawasi pemberian pinjaman untuk mencegah gagal bayar dan inflasi yang dapat menyebabkan ketidakstabilan.

-----------------------------------------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut:

Detail Jawaban:  

Kode: 12.12.1

Kelas: XII  

Mata pelajaran: Ekonomi

Materi: Bab 1 - Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Kata kunci: Debitor dan Kreditor

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 20 Apr 22