Beberapa jenis kebijaksanaan perdagangan internasional antara lain tarif, subsidi, pengendalian

Berikut ini adalah pertanyaan dari Alfiahmarta6389 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Beberapa jenis kebijaksanaan perdagangan internasional antara lain tarif, subsidi, pengendalian devisa, kuota,dan dumping. yang termasuk kebijaksanaan impor adalah ...

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dari beberapa kebijaksanaan perdagangan Internasional yang termasuk dalam kebijaksanaan imporadalahtarif, subsidi dan kuota.

Pembahasan:

Impor adalah aktivitas perdagangan yang dilakukan dengan memasukkan barang dari negara lain ke negara sendiri. Antara ekspor dan impor, keduanya sama-sama bisa dilakukan oleh perusahaan, perseorangan ataupun negara. Dalam buku Ekonomi Internasional (2017) karya Nazaruddin Malik, disebutkan jika tujuan dari kebijakan perdagangan internasional ialah:

  1. Melindungi kepentingan industri dan produksi dalam negeri.
  2. Melindungi kondisi ekonomi nasional dan menghindarkannya dari pengaruh buruk.
  3. Melindungi lapangan pekerjaan.
  4. Menjaga nilai tukar agar tetap stabil.
  5. Menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi.
  6. Menjaga keseimbangan neraca pembayaran internasional.

Kebijakan perdagangan internasional bidang impor :

  1. Larangan impor, kebijakan satu ini akan dilakukan oleh suatu negara apabila negara tersebut diharuskan untuk menghemat devisanya. Bukan hanya itu saja, barang-barang yang dianggap berbahaya juga akan dikenakan kebijakan larangan impor tersebut. Dengan kata lain, tidak semua barang bisa diimpor begitu saja.
  2. Tarif, sesuai dengan namanya, kebijakan tarif merupakan penerapan tarif yang terbilang tinggi untuk impor barang-barang tertentu supaya daya saing barang produksi dalam negeri meningkat. Diketahui, ada beberapa hal yang membedakan antara negara dengan sistem perdagangan bebas dan proteksi mengenai kebijakan satu ini.
  3. Pemberlakuan kuota, pemerintah menetapkan kuota impor dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya supaya tidak mengganggu kegiatan produksi dalam negeri. Namun, apabila suatu negara telah menetapkan kebijakan politik dagang bebas, pemberlakuan kuota tidak bisa dilakukan karena bisa mengganggu perdagangan internasional.
  4. Subsidi, bagi kita yang sering melakukan online shopping barang-barang dari luar negeri, pasti pernah menemukan barang yang harganya jauh lebih murah ketimbang barang lokal.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai kebijakan impor, pada:

yomemimo.com/tugas/37420509

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22