2 PT. Tirta Bening merupakan perusahaan baru yang bergerak di

Berikut ini adalah pertanyaan dari ekyayann pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 PT. Tirta Bening merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang air mineral kemasan.Produk yang dihasilkan PT. Tirta Bening tersebut berasal dari sumber air pegunungan di Jawa
Barat. Sebagai perusahaan yang mengedepankan perilaku etis, Humas PT. Tirta Bening
mendorong top management untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan
(TSP).
a. Jelaskan mengapa program TSP perlu dilakukan oleh PT. Tirta Bening!
b. Berikan penjelasan mengenai dampak yang akan terjadi jika PT. Tirta Bening mengabaikan
program TSP

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Program TSP perlu dilaksanakan sebagai kompensasi atas sumber daya alam setempat yang digunakan oleh perusahaan, dalam hal ini berupa air dari pegunungan di Jawa Barat. Program TSP tidak selalu harus berupa uang tunai, namun bisa juga dengan pemberdayaan keterampilan masyarakat dan juga pendidikan masyarakat, contohnya mendirikan sekolah untuk masyarakat setempat dimana anak di daerah setempat bisa berskolah dengan harga murah/gratis.

b. Pertama, dengan mengabaikan, telah dilanggar Undang-Undang No 25 Tahun 2007. Sanksi yang didapat dapat berupa pemutusan kerja sama, sanksi administartif, dan sanksi denda. Kedua, masyarakat setempat bisa saja menjadi kurang menyukai/tidak menyukai aktivitas perusahaan dan dapat melakukan aksi yang menggangu operasional perusahaan. Persepsi masyarakat setempat terhadap perusahaan akan buruk dan dapat menyebar sehingga keuntungan berkurang.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kelvinho018527 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 15 Sep 22