Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara jumlah penduduk dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari hanisawp21 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara jumlah penduduk dengan jumlah pendapatan perkapita. Data jumlah penduduk tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistika, sedangkan data jumlah pendapatan perkapita diperoleh melalui angket. Menurut saudara, manakah yang berasal dari data primer dan manakah yang berasal dari data sekunder, jelaskan alasan saudara ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dari penelitian hubungan antara jumlah penduduk dengan jumlah pendapatan perkapita tersebut, datajumlah penduduk berasal daridata sekunder, sedangkan datajumlah pendapatan per kapita berasal daridata primer. Penjelasannya dapat dibaca lebih lanjut di bawah.

Penjelasan:

Dalam sebuah penelitian, baik kuantitatif maupun kualitatif, tentu memerlukan data. Data dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang isinya fakta dan dapat memberikan gambaran besar ataupun luas. Datasendiri merupakan komponen yang penting dalampenelitian. Berdasarkan cara pengambilannya, ada dua jenis data, yaitudata primerdan data sekunder.

Data primer adalah data yang diperoleh secara mandiri tanpa perantara atau pihak ketiga, sedangkan data sekunderadalahdata yang diperoleh dari pengumpulan yang telah dilakukan oleh orang lain atau suatu instansi/organisasi (dengan kata lain, peneliti tinggal meminta data tersebut). Data primer ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • orisinal
  • faktual
  • sumbernya dari tangan pertama
  • butuh banyak sumber daya manusia
  • butuh waktu yang lama
  • butuh biaya tinggi
  • valid
  • akurat

Di sisi lain, data sekunder memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • berasal dari orang sebelumnya/instansi/organisasi
  • waktu cepat
  • biaya relatif rendah

Pada penelitian tersebut, data jumlah penduduk berasal dari instansi, yaitu Badan Pusat Statistika. Maka dari itu, dataini berasal daridata sekunder. Data kedua, yaitu data jumlah pendapatan per kapita diperoleh melalui angket, langsung dilakukan oleh penyelenggara penelitian/peneliti. Oleh karena itu, data ini berasal dari data primer.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Data Primer dan Data Sekunder yomemimo.com/tugas/18331788

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh anginanginkel dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 06 Jul 22