jelaskan pengertian produksi!

Berikut ini adalah pertanyaan dari ara474 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan pengertian produksi!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan atau menambahkan manfaat dan nilai dari suatu barang ataupun jasa. Pihak yang melakukan produksi ini disebut sebagai produsen.

Pembahasan

Kegiatan ekonomi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara garis besar, kegiatan ekonomi ini bisa dibagi menjadi produksi, distribusi, dan konsumsi.

A. Produksi

Produksi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk menciptakan suatu barang atau jasa, selain itu produksi juga bisa dilakukan untuk menambahkan nilai dan manfaat dari suatu barang atau jasa. Tujuan dari melakukan produksi adalah:

  • Menciptakan barang atau jasa yang berkualitas;
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat;
  • Mendapat keuntungan; dan
  • Memperluas lapangan usaha ekonomi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi proses produksi adalah:

  • Sumber daya alam: kekayaan dan potensi yang bisa digunakan seseorang untuk melakukan kegiatan produksi. Contohnya adalah seseorang yang tinggal di daerah pantai maka akan lebih mudah untuk memproduksi produk-produk perikanan.
  • Sumber daya manusia: kemampuan dan keterampilan untuk menciptakan suatu produk. Diperlukan tenaga kerja dengan keterampilan yang tepat untuk menciptakan suatu produk. Contohnya adalah seorang yang memiliki keterampilan dan keahlian di bidang kayu memproduksi produk kayu, seperti mebel.
  • Sumber daya modal: modal yang dimiliki oleh produsen. Sebuah kegiatan produksi bisa saja membutuhkan modal yang cukup besar seperti membeli mesin. Namun, juga bisa dilakukan dengan modal yang kecil seperti berjualan martabak dengan gerobak.

B. Distribusi

Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan produk yang diciptakan oleh produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Distribusi ini bisa dibagi menjadi tiga jenis, yang adalah:

  • Distribusi langsung: jenis saluran distribusi yang langsung dilakukan oleh produsen. Contohnya adalah pedagang nasi goreng di pinggir jalan yang setelah selesai memasak langsung mengantarkan makanannya ke konsumen.
  • Distribusi semi-langsung: jenis saluran distribusi yang dilakukan oleh pihak yang masih tergabung dalam perusahaan namun bukan berperan sebagai produsen. Contohnya adalah layanan pesan antar yang disediakan oleh restoran cepat saji.
  • Distribusi tidak langsung: jenis saluran distribusi dimana produsen menggunakan pihak ketiga untuk menyalurkan produknya ke tangan konsumen. Contohnya adalah menggunakan jasa logistik untuk mengantarkan produk ke konsumen.

C. Konsumsi

Disebut sebagai titik akhir dari kegiatan ekonomi karena konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan keseluruhan atau sebagian dari nilai guna suatu barang.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis produksi

yomemimo.com/tugas/6102819

Materi tentang pengaruh globalisasi dalam kegiatan ekonomi

yomemimo.com/tugas/25136279

Materi tentang jenis konsumsi

yomemimo.com/tugas/10883854

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 2 - Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode: 10.12.2

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 29 Dec 17