1 Bank Indonesia (BI) melakukan reformasi pengaturan sistem pembayaran melalui

Berikut ini adalah pertanyaan dari raidhakawa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Bank Indonesia (BI) melakukan reformasi pengaturan sistem pembayaran melalui penerbitan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.22/23/PBI/2020 tentang Sistem Pembayaran, regulasi mulai berlaku pada 1 Juli 2021. Pengaturan dalam PBI Sistem Pembayaran didasarkan pada pendekatan berbasis aktivitas dan risiko sehingga tidak bersifat diberlakukan sama untuk semua, khususnya dalam access policy dan penyelenggaraan sistem pembayaran serta pengawasan oleh BI. Hal yang dilakukan BI ini selaras dengan prinsip dalam merumuskan kebijakan sistem pembayaran di Indonesia, jelaskan serta kemukakan bagaimana upaya BI dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan di Indonesia!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Upaya BI dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sistem keuangan di Indonesia adalah dengan memberikan keamanan pada uang agar membedakan antar yang palsu dan asli. Serta menindak tegas peredaran uang palsu.

Pembahasan

Untuk mencapai dan mensukseskan satu-satunya tujuan Bank Indonesia dalam menjaga kestabilan nilai rupiah, Bank Indonesia memiliki tiga pilar utama fungsi Bank Indonesia, termasuk batasan kewajibannya. Berdasarkan tujuan utama Bank Indonesia, Bank Indonesia diharapkan dapat memprioritaskan tindakan yang akan dilakukan dan memperkuat batasan tanggung jawab. Dengan demikian, baik pemerintah maupun masyarakat dapat melihat kinerja Bank Indonesia secara transparan dan mudah. Dengan adanya kinerja dari Bank Indonesia yang baik maka membuat BI dapat dipercaya oleh masyarakat setempat.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Bank Indonesia: yomemimo.com/tugas/1110336

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh grahatama dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22