Pada tanggal 9 juli ud gema anugrah sepakat untuk menjual

Berikut ini adalah pertanyaan dari incessincess3265 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada tanggal 9 juli ud gema anugrah sepakat untuk menjual barang secara kredit kepada perusahaan norman senilai 5.000.000.00 juta dengan perjanjian 1/10 franco gudang penjual pengiriman barang dilakukan tanggal 10 juli dan tiba di gudang pembeli 12 juli pembayaran diterima 21 juli maka jurnal penjualan akan dicatat oleh gema anugrah pada tanggal​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jurnal penjualan akan dicatat oleh gema anugrah pada tanggal​ 12 Juli.

Pembahasan:

Gema Anugrah akan mencatat jurnal atas transaksi penjualannyapadatanggal 12 Juliyaitu pada saatbarang tiba di gudang pembeli.

Franco adalah istilah untuk proses jual beli barang dimana biaya pengiriman ditanggung oleh penjual. Biaya ini termasuk biaya pengemasan, biaya pengiriman, pajak, dan ongkos kirim dari gudang penjual ke gudang pembeli.

Dalam dunia akuntansi,proses jual beli dimanabiaya pengiriman ditanggung oleh penjual disebut dengan penjualan dengan syarat FOB Destination. FOB Destination adalah syarat yang diberikan oleh penjual kepada pembeli dimana jika menggunakan syarat ini, maka barang yang dijual masih menjadi milik penjual sampai barang sampai di gudang pembeli. Berdasarkan syarat ini, penjualan baru boleh dicatat oleh penjual pada saat barang telah sampai di gudang pembeli.

Pada kasus di atas, diinformasikan bahwa penjual dan pembeli melakukan kesepakatan pada tanggal 9 Juli. Barang dikirim pada tanggal 10 Juli dan tiba di gudang pembeli tanggal 12 juli.

Karena menggunakan syarat Franco maka penjual baru boleh mencatat penjualannya pada tanggal 12 Juli,yaitupada saat barang tiba di gedung pembeli.

Pelajari lebih lanjut:

Materi FOB Shipping point dan FOB Destination lebih mendalam pada yomemimo.com/tugas/4127062

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 20 Jun 22