tuliskan sejarah perkembangan ilmu ekonomi ​

Berikut ini adalah pertanyaan dari salsabilanarisa2 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tuliskan sejarah perkembangan ilmu ekonomi ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berikut adalah perkembangan ilmu ekonomi secara singkat:

Dalam perkembangan ilmu ekonomi pertama kali, Adam Smith dianggap sebagai orang yang melakukan perkembangan dari ilmu ekonomi yang dimana telah dilakukan sejak abad ke-18 dengan mengeluarkan buku Wealth of Nation yang dimana melakukan pencarian terhadap perkembangan dari negara Eropa.

Kemudian, pemikiran ilmu ekonomi dimulai dari aliran klasik yang dipelopori oleh Adam Smith yang menciptakan teori invisible hand yaitu teori yang dimana menjadikan pasar sebagai penentu terhadap harga sebuah barang. Sehingga peran pemerintah yang ada akan diberikan batasan.

Teori tersebut kemudian gagal pada saat terjadinya depresi besar tahun 1930 yang memberikan sebuah petunjuk daripada pasar yang dimana tidak dapat memiliki kemampuan dari gejolak pasar saham. Kemudian Keynes memberikan sebuah teori yang dimana pasar tidaklah selalu mampu untuk melakukan penciptaan terhadap keseimbangan, kemudian pemerintah haruslah melakukan distribusi terhadap sumber daya untuk melakukan pencapaian terhadap sasaran.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh alexmaycelloputra dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 12 Nov 22