Setiap bagian kehidupan terdiri dari sistem dan subsistem. Jelaskan klasifikasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setiap bagian kehidupan terdiri dari sistem dan subsistem. Jelaskan klasifikasi sistem yang Andaketahui!
2 Sistem informasi secara umum terdiri dari beberapa komponen. Jelaskan komponen-komponen berikut
ini:
a. Komponen teknologi
b. Komponen kontrol
c. Komponen manusia
3 Tindakan manajemen dalam pengambilan keputusan terkait erat dengan informasi yang dihasilkan dari
proses pengolahan data. Informasi dapat dibagi dalam beberapa tipe. Jelaskan masing-masing tipe
informasi dan berikan contohnya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Klasifikasi sistem merupakan suatu bentuk kesatuan antara satu komponen dengan satu komponen lainnya, karena tujuan dari sistem tersebut memiliki akhir tujuan yang berbeda untuk setiap perkara atau  juga kasus yang terjadi dalam setiap sistem tersebut.
  • Komponen tersebut yaitu :
  1. Komponen tekonologi merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
  2. Komponen kontrol merupakan komponen yang digunakan untuk memproses data input, yang selanjutnya akan diteruskan ke komponen output. Yang mana komponen control ini tergantung pada model sistem control yang digunakan misalnya model ECM engine, VIMS, EPTC dan lainnya.
  3. Komponen manusia merupakan komponen sumber daya manusia yang mengelola teknologi yang ada dan melakukan kontrol.
  • Tipe informasi antara lain :
  1. TPS atau Sistem Pengolahan Transaksi adalah sistem tingkat operasional di bagian bawah piramida. Mereka biasanya dioperasikan oleh shop floor workers (pekerja yang berhubungan langsung dengan mesin) atau staff front line (pegawai yang berhubungan langsung dengan konsumen).
  2. Management Information Systems adalah sistem tingkat manajemen yang digunakan oleh manajer menengah untuk membantu memastikan kelancaran organisasi dalam jangka pendek dan menengah.
  3. Decision Support Systems (DSS) merupakan sistem yang bersifat interaktif dan digunakan untuk mengatasi masalah terstruktur. Mereka memberikan akses ke database, alat analisis, memungkinkan simulasi “what if”, dan dapat mendukung pertukaran informasi dalam organisasi.
  4. Executive Information Systems adalah sistem informasi tingkat strategis yang ditemukan di puncak Piramid. Mereka membantu eksekutif dan manajer senior menganalisis lingkungan di mana organisasi beroperasi, untuk mengidentifikasi tren jangka panjang, dan merencanakan tindakan tindakan yang sesuai.

Pembahasan :
Sistem informasi adalah serangkaian komponen yang terintegrasi untuk mengumpulkan, memproses, dan juga menyimpan data. Nantinya, komponen ini akan menghasilkan berbagai informasi, pengetahuan dan produk-produk digital yang bisa kita jumpai sehari-hari.

Sistem informasi digunakan oleh perusahaan-perusahaan dan organisasi lainnya untuk mengelola operasional mereka. Hal ini meliputi interaksi dengan pelanggan, pemasok barang serta bersaing di marketplace.

Beberapa perusahaan besar dibangun di sekitar seputar sistem informasi seperti Ebay, Alibaba, bahkan Google. Sebagai contoh, e-commerce atau marketplace memiliki tampilan digital untuk menjual produknya dan informasi produk yang mereka miliki merupakan hasil dari SI.

Pelajari lebih lanjut

Fungsi dari sistem informasi

yomemimo.com/tugas/3544191

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 15 Jan 23