Apa pengertian Debitor dan kreditor ?

Berikut ini adalah pertanyaan dari Andenare pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa pengertian Debitor dan kreditor ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelas: X
Mata Pelajaran: Ekonomi
Materi: Pinjam meminjam
Kata kunci: debitor, kreditor

Jawaban Pendek:

Debitur adalah seseorang atau institusi yang mengambil hutangatau pinjaman dari orang atau institusi lain.

Sementara kreditor adalah kebalikannya, seseorang atauinstitusi yang memberi hutang atau pinjaman kepada orang atau institusi lain.

 

Jawaban panjang:

 

Ketika terjadi akat hutang piutang, maka pasti akan ada yangnamanya debitor dan kreditor. Debitor adalah yang mengambil pinjaman dankreditor adalah pemberi pinjaman.

 

Dalam pinjam meminjam, istilahnya adalah debitor memilikihutang kepada kreditor, dan kreitor memiliki piutang dari debitor.

 

Contohnya adalah jika kita meminjam uang di bank untukmembeli mobil. Maka disini, kita menjadi seorang debitor. Sedangkan bankmenjadi kreditor.

 

Sebaliknya bila kita memberikan pinjaman kepada orang lain,misalnya saudara kita yang ingin mengadakan hajatan, maka dalam kasus ini kitamenjadi kreditor dan saudara kita menjadi debitor.

 

Debitor memiliki kewajiban untuk mengembalikan pinjamankepada kreditor dalam masa dan ketentuan yang telah disepakati bersama. Kesepakatanmengenai pinjaman mencakup batas waktu peminjaman, cara pembayaran pinjaman,besanya bunga pinjaman dan jaminan barang atau surat-surat yang dijadikankolateral terhadap pengambilan pinjaman.

 

Bila debitor meminjam dalam jangka waktu 5 tahun misalnya,maka setelah 5 tahun pinjaman harus dikembalikan debitor ke kreditor. Biladebitor meminjam dengan ketentuan harus membayar beserta bunga 20%, maka bungaini juga harus dibayarkan kepada kreditor.

 

Kegagalan bayar hutang akan berakibat barang jaminan disitaatau diambil oleh kreditor, sebagai pelunasan hutang.

 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 30 Jul 15