Pertumbuhan industri piranti lunak di Indonesia akhir-akhir ini semakin pesat

Berikut ini adalah pertanyaan dari isakosoqt pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pertumbuhan industri piranti lunak di Indonesia akhir-akhir ini semakin pesat seiring dengan semakin maraknya penggunaan TIK dalam proses pembelajaran Daring. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), industri TIK di Tanah Air dalam lima tahun terakhir (2011-2015) tumbuh 9,98% hingga 10,7%, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,79% sampai 6,56%. Mulai 2019, industri TIK domestik diproyeksikan tumbuh di atas 10% per tahun karena seluruh wilayah Nusantara terhubung jaringan internet seiring rampungnya proyek pembangunan broadband serat optik (Palapa Ring) pada akhir 2018. Kondisi seperti itu sangat berpengaruh terhadap upaya perburuan manajer menengah pada perusahaan piranti lunak di Indonesia. PT. Lexus, salah satu perusahaan piranti lunak di Indonesia tidak lepas dari permasalahan yang sama. Oleh karena itu, PT. Lexus semakin agresif di dalam membujuk calon manajer menengah agar bersedia bergabung dengan perusahaannya. Sebagaimana dikemukakan oleh Edison, Manajer SDM PT. Lexus, bahwa “PT. Lexus memang harus lebih agresif dalam membujuk calon karyawan manajer menengah agar mau bergabung dengan PT. Lexus. Disamping pertumbuhan industri piranti lunak yang semakin pesat, juga adanya perusahaan-perusahaan multinasional besar dan kecil, baik dari Amerika maupun Eropa menyerahkan sepenuhnya kepada perusahaan piranti lunak di Indonesia mulai dari pekerjaan pengembangan desain dan perlengkapan komputer lain hingga ke analis keuangannya. Pertumbuhan industri piranti lunak tersebut telah mempercepat persaingan untuk mendapatkan tenaga kerja ahli di bidang piranti lunak. Ini mengakibatkan pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang piranti lunak sekitar 15 persen pada tahun 2018. Gaji untuk pegawai yang baru diangkat telah meningkat sebesar 12 persen/tahun sekitar 3 tahun terakhir, sementara gaji untuk manajer level menengah telah dipatok kenaikannya sekitar 25 persen/tahun dalam periode yang sama. Kiat PT. Lexus dalam mendapatkan mmanajer menengah adalah memberikan pelayanan terbaik kepada karya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Soal tersebut kurang lengkap, berikut saya lampirkan pertanyaan dan jawaban yang sesuai.

Berdasarkan pada informasi kasus di atas, tolong jelaskan melalui data perhitungan, apakah perusahaan piranti lunak di Indonesia akan menghadapi kekurangan (defisit) manajer level menengah atau sebaliknya surplus manajer level menengah? Jelaskan data yang menyangkut perihal pasokan dan permintaan tenaga kerja tersebut.

Untuk datadankesimpulanakan dijelaskandalam pembahasan dibawah

Pembahasan:

Industri piranti lunak di Indonesia sekarang ini sedang mengalami pertumbuhan yang semakin pesat, hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya penggunaan TIK dalam kegiatan belajar Daring. Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Industri TIK di di Indonesia dalam jangka waktu lima tahun terakhir atau tepatnya 2011-2015 sudah tumbuh sekitar 9,98%sampai dengan10,7%. Sejak tahun 2019, industri TIK Domestik diproyeksikan akan tumbuh lebih dari 10%/tahun, hal tersebut disebabkan karena seluruh wilayah di Indonesia terhubung dengan jaringan internet dan rampungnya proyek pembangunan Palapa Ring pada akhir tahun 2018.

Dengan melihat data tersebut, menurut saya beberapa tahun yang akan datang akan ada sekitar 12% permintaan manajer menengah dan akan surplus.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang Tingkatan Level Manajer yomemimo.com/tugas/19171344

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 24 Sep 22