2. Gelombang demokrasi menyebabkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Hari HAM Sedunia.

Berikut ini adalah pertanyaan dari tandisarewa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Gelombang demokrasi menyebabkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Hari HAM Sedunia. DiIndonesia, penuntasan pelanggaran HAM masih jauh dari cita-cita. Jelaskan dan kaitkan jawaban Anda
dengan konsep demokrasi!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Konsep demokrasi adalah menjunjung tinggi hak asasi manusia dan membuat rakyat memliki partisipasi dalam proses pengambilan kebijakan dan memiliki kesempatan dalam jabatan dalam pemerintahan secara adil dan transparan. Indonesia dikatakan jauh dari cita-cita negara demokrasi dikarenakan banyaknya kasus pelanggaran HAM yang tidak dituntaskan dan nampak diabaikan oleh negara.

Pembahasan

Konsep paham demokrasi adalah menjunjung tinggi hak asisasi manusia sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam proses penyelenggaraan negara. Selain itu negara dengan penganut sistem paham demokrasi akan membuat rakyatnya dapat berpartisipasi sebesar-besarnya dalam pengambilan kebijakan secara adil dan transparan.

Negara Indonesia masih jauh dari cita-cita dalam penuntasan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal ini dikarenakan di Indonesia masih banyak terjadi kasus pelanggaran HAM dan pengadilan Indonesia yang tekadang dapat berubah berdasarkan intervensi seseorang sehingga nampak tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang materi contoh pelanggaran kasus HAM pada: yomemimo.com/tugas/2744244

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22