Anie turut bahagia ketika Fitri menceritakan keberhasilannya meraih beasiswa ke

Berikut ini adalah pertanyaan dari richardsean975 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Anie turut bahagia ketika Fitri menceritakan keberhasilannya meraih beasiswa ke luar negeri.Anie menyamakan suasana emosionalnya dengan suasana emosional Fitri . Fitri akan menganggap
Anie “iri” jika menanggapi kebahagiaan Fitri dengan datar.
Salah satu siklus dalam hubungan antarpribadi adalah “Peneguhan Hubungan Interpersonal “
• Jelaskan 4 faktor penting dalam memelihara keseimbangan hubungan.!
• Analisislah keserasian emosional yang terjadi pada ilustrasi tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Hubungan antar personal merupakan hubungan yang menyangkut komunikasi antar 2 orang. Terdapat 4 faktor dalam memelihara keseimbangan hungan ini diantaranya adalah keakraban, kontrol, ketepatan respon, dan keserasian suara emosional
  • Keserasian emosian yang dilakukan oleh Anie adalah merespon dengan menyamakan perasaannya dengan perasaan Fitri, yang mana Anie merasa ikut senang dengan keberhasilan Fitri.

Pembahasan :

Hubungan antar personal merupakan hubungan yang menyangkut komunikasi antar 2 orang. Agar terjalin komunikasi yang baik dan tidak merugikan satu sama lain maka harus memenuhi beberapa faktor penting dalam memelihara keseimbangan hubungan. Faktor-faktor penting dalam memelihara hubungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Keakraban, dalammenjalin komunikasi antar personal diperlukan keakraban agar komunikasi dalam berjalan dengan lancar. Hal ini sangat penting karena jika tingkat keakraban yang dirasakan berbeda akan terjadi ketidakserasian dan kejanggalan.
  • Kontrol, diperlukan adanya kesepakatan antar kedua belah pihak tentang adanya kontrol siapakah yang dominan dalam berpendapat agar menghindari terjadinya konflik.
  • Ketepatan respons, ketepatan respon sangat penting karena apabila respon yang kita berikan justru menyinggung maka akan merusak suasana komunikasi yang sudah berjalan dengan baik.
  • Keserasian suasana emosional, keserasian emosi menjadi sangat penting karena apabila adanya perbedaan penyampaian emosi dapat menyinggung perasaan lawan bicara.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai contoh studi kasus keseimbangan hubungan komunikasi, pada:

yomemimo.com/tugas/13061721

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 09 Sep 22