2. Perusahaan dapat memiliki Karakteristik Sistem akuntansi yang bermanfaat untuk

Berikut ini adalah pertanyaan dari abeljailani471 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Perusahaan dapat memiliki Karakteristik Sistem akuntansi yang bermanfaat untukpengambilan keputusan. Adapun untuk karakteristik sistem akuntansi yaitu Broad
scope, timeliness ,aggregation, dan integration.
a. Berikan analisis saudara mengenai keempat karakteristik tersebut
b. Apakah sistem informasi akuntasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai situasi?
Ya/tidak, jelaskan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

2. a. Karakteristik sistem akuntansi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan ialah :

  • Broad Scope (Bercakupan Luas) ialah sistem informasi yang mengacu atau berfokus pada dimensi waktu dengan harapan jika lingkup sistem akuntansi ini akan meluas maka dapat memberikan pandangan atau probabilitas tentang kemungkinan terjadinya suatu peristiwa di masa yang akan datang.
  • Timeless (Ketepatan Waktu) dimana sistem akuntansi ini bertujuan untuk memiliki atau menunjukkan ketepatan waktu dalam mendapatkan suatu informasi, bisa juga digunakan oleh Manajer sebagai suatu kemampuan untuk merespon atau menanggapi secara tepat suatu kejadian yang mungkin saja terjadi.
  • Aggregation (Agregasi) ialah pengumpulan segala bentuk informasi yang lebih ringkas tanpa mengurangi informasi informasi yang ada. Informasi ini dikumpulkan berdasarkan fungsinya, periode aktual, dan model keputusan.
  • Intregation (Intregasi) ialah pengendalian dari berbagai informasi yang ada, sehingga informasi yang terintegrasi dari sistem akuntansi ini dapat digunakan sebagai alat untuk berkoordinasi antar unitnya. Hal ini bermanfaat untuk para manajer guna melakukan pengambilan keputusan yang akan berpengaruh pada antar unit lainnya.

b. Ya, Sistem informasi akuntansi ini dapat digunakan diberbagai situasi, tetapi umumnya digunakan pada situasi dalam suatu perusahaan-perusahaan besar yang menggabungkan antara sistem manajemen, keuangan dan sistem informasi menjadi satu, karena sangat berdampak pada peningkatkan produktifitas perusahaan.

Pembahasan:

Sistem Akuntansi adalah suatu sistem yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan kegiatan ataupun hal hal yang berkaitan dengan akuntansi sehingga meningkatkan produktifitas suatu perusahaan. Sistem ini menggabungkan antara sistem manajemen, keuangan dan sistem informasi menjadi satu sehingga bisa juga disebut dengan sistem informasi akuntansi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi sistem informasi akuntansi pada yomemimo.com/tugas/25451060

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 19 Sep 22