Hallo Kak, minta tolong bantu jelasin dong:(. Pertanyaan yang awal

Berikut ini adalah pertanyaan dari AntonWilly1 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Hallo Kak, minta tolong bantu jelasin dong:(. Pertanyaan yang awal di hapus sistemLihat BOP Indonesia berikut.
Berikan penjelasan untuk setiap akun dan mengapa terjadi surplus/defisit.
Kemudian berikan rekomendasi untuk memperbaiki defisit BoP!
Hallo Kak, minta tolong bantu jelasin dong:(. Pertanyaan yang awal di hapus sistem
Lihat BOP Indonesia berikut.
Berikan penjelasan untuk setiap akun dan mengapa terjadi surplus/defisit.
Kemudian berikan rekomendasi untuk memperbaiki defisit BoP!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Neraca Pembayaran Indonesia (Balance of Payment/BOP) mengalami defisit di tahun 2015 dan 2018. Namun masih mengalami surplus di tahun 2014, 2016, dan 2017.

Penjelasan:

Defisit neraca pembayaran Indonesia pada tahun 2015 dan 2018 disebabkan adanya defisit pada transaksi berjalan.Sedangkantransaksi modal dan transaksi finansial masih tercatat surplus. Sedangkan tahun yang mengalami surplus juga didorong oleh surplus pada transaksi modal dan transaksi finansial.

Hal ini menunjukan penyebab tekanan pada transaksi pembayaran Indonesia dalam rentang waktu 2014 hingga 2015 adalah defisit pada neraca berjalan. Maka apabila transaksi modal dan finansial hanya mengalami surplus sedikit, Neraca Pembayaran Indonesia akan mengalami defisit.

Melihat data di atas, maka salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Indonesia adalah menjaga transaksi berjalan supaya surplus. Caranya adalah mengurangi nilai impor dan meningkatkan nilai ekspor. Sebab pada data di atas penyebab paling besar terjadi defisit neraca pembayaran adalah nilai impor yang terlalu besar, bahkan di atas pendapatan dari ekspor. Mulai saat ini pemerintah harus fokus pada produksi barang berorientasi ekspor sembari menjaga investasi langsung maupun tidak langsung.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang kebijakan ekspor pemerintah Indonesia pada yomemimo.com/tugas/21323265

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 02 Jul 22