Berikan contoh hubungan antara industri, pemerintah dan akademisi seperti dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari hamdiuid pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikan contoh hubungan antara industri, pemerintah dan akademisi seperti dalam modeltriple helix!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh hubungan antara industri, pemerintah dan akademisi seperti dalam model triple helix :

  • Kerjasama IPB dengan Balitbang Departemen Pertanian tentang produk padi unggulan.
  • Hasil kerjasama ITB dengan Dephankam produk plat baja tahan peluru untuk kenderaan militer.
  • Kerjasama ITS dan PT PAL tentang design kapal cargo.

Penjelasan:

Model Triple Helix merupkan metode atau model industri kreatif yang dikerjakan atas kerjasama hubungan antara Industri, pemerintah, maupun akademisi. Hubungan yang erat, saling menguntungkan antara ketiga sektor tersebut merupakan landasan bagi industri kreatif agar dapat berdiri kokoh dan tumbuh berkesinambungan. Peran dari masing-masing sektor diantaranya :

  • Cendekiawan memiliki peran di dalam industri kreatif dengan menerapkan ilmu yang dimilikinya. Cendekiawan atau akademisi ini mencakup seniman, para akademisi,budayawan,  para pendidik di lembaga pendidikan, para pelopor di paguyuban dan lain-lainnya.
  • Peran bisnis merupakan entitas organisasi yang diciptakan untuk menyediakan barang atau jasa bagi konsumen. Pada umumnya bisnis dimiliki swasta dan dibentuk untuk menghasilkan keuntungan serta meningkatkan kemakmuran bagi pemiliknya, serta dapat berbentuk melalui kepemilikan tunggal, kemitraan, korporasi dan koperasi.
  • Government (pemerintah), merupakan lembaga yang memiliki otoritas pengembangan industri yang maju baik pemerintah pusat maupun daerah dalam mencapai visi, dan misi serta sasaran pengembangan industri yang tepat.

Sirkulasi triple helix dapat terjadi apabila ketiga sektor diatas saling bersinergi dan sadar akan pentingnya kerjasama antara Universitas atau lembaga pendidikan, pemerintah dan industri atau kelembagaan terkemuka tradisional (bisnis).

Pelajari Lebih Lanjut :

Pelajari lebih lanjut materi tentang Model Triple Helixpadayomemimo.com/tugas/37253851

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh azisriyadi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 06 Jul 22