Besarnya permintaan terhadap dana modal yang akan dipergunakan untuk kepentingan

Berikut ini adalah pertanyaan dari meamahnfh020 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Besarnya permintaan terhadap dana modal yang akan dipergunakan untuk kepentingan investasi sangat tergantung pada produktivitas dari dana modal itu. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut disertai contoh kasus di Indonesia!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Besarnya permintaan terhadap dana modal yang akan dipergunakan untuk kepentingan investasi sangat tergantung pada produktivitas dari dana modal itu. Sebuah perusahaan harus dapat menghitung apakah dana modal baru yang akan diinvestasikan dapat meningkatkan kinerja produktivitasnya. Artinya apabila sebuah perusahaan jika ingin meningkatkan jumlah produksi barang di perusahaannya maka perusahaan tersebut membutuhkan tambahan mesin yang pengadaannya membutuhkan dana modal investasi baru. Dengan investasi dana modal ini selayaknya perusahaan akan menghasilkan produksi barang yang lebih banyak yang pada akhirnya akan menghasilkan penjualan yang lebih besar dari sebelum adanya investasi dana modal tersebut sehingga omzet perusahaan akan meningkat.

Sebagai contoh sebuah perusahaan menggunakan dana modal baru untuk membeli tambahan sebuah mesin untuk mempercepat/meningkatkan jumlah produk/barang yang diproduksi sehingga jumlah barang yang diproduksi akan bertambah dari yang sebelumnya. Dengan bertambahnya jumlah barang yang diproduksi maka perusahaan dapat menjualnya lebih banyak sehingga menambah pemasukkan perusahaan secara keseluruhan.

Pembahasan

Produktivitas sangat tergantung pada kemampuan manajemen operasional suatu perusahaan. Manajemen harus dapat mengolah sumber daya yang dimiliki seefisien mungkin untuk menghasilkan output yang semaksimal mungkin tanpa mengorbankan kualitas dari produk yang dihasilkan.  

Produktivitas adalah sebuah konsep yang menghubungkan antara input dan output yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan mengolah berbagai sumber yang dimiliki perusahaan seperti jumlah tenaga kerja, modal, energi, tempat produksi, teknologi, dan sebagainya.

Dengan produktivitas yang baik sebuah perusahaan dapat menciptakan dan menambah nilai guna suatu barang ataupun jasa sebagai produsen untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaannya.

Berikut beberapa faktor produksi yang mempengaruhi kinerja sebuah perusahaan:

1. Faktor sumber daya slam/fisik

2. Faktor sumber daya manusia/tenaga kerja

3. Faktor dana modal

4. Faktor kewirausahaan

5. Faktor dumber daya informasi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Perhitungan Produktivitas yomemimo.com/tugas/6387655

Pelajari lebih lanjut tentang Produktivitas yomemimo.com/tugas/21329506

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22