Faktor-faktor apa saja yang perlu diperhitungkan untuk menentukan jumlah bawahan?

Berikut ini adalah pertanyaan dari helfance8764 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Faktor-faktor apa saja yang perlu diperhitungkan untuk menentukan jumlah bawahan? dan bagaimana span of managment yang optimal.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pengertian Rentang Manajemen

Rentang manajemen sering juga disebut dengan rentang kendali, yaitu berpatokan pada jumlah orang yang dikelola seorang manajer secara langsung. Dalam rentang manajemen yang lebih luas, seorang manajer memiliki banyak bawahan yang melapor kepadanya. Dalam rentang manajemen yang sempit, manajer memiliki lebih sedikit bawahan di bawahnya.

Dalam struktur organisasi klasik, efektivitas dan efisiensi operasi ditentukan oleh jumlah orang di bawah pengawasan langsung seorang manajer. Untuk operasi yang paling efektif, perlu untuk memiliki jumlah bawahan yang optimal untuk diawasi.

Kelompok informal memiliki dampak signifikan pada rentang manajemen. Jika seorang supervisor memiliki hubungan baik dengan bawahannya dan bawahan bekerja karena alasan profesional maupun sosial, maka lebih banyak bawahan dapat ditugaskan untuk setiap pengawas dan lebih sedikit waktu manajerial yang diperlukan untuk berurusan dengan bawahan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh durajat0903 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 19 Jul 22