jelaskan metode pengalihan dana dalam sistem keuangan dengan: a. Metode

Berikut ini adalah pertanyaan dari babayyuswanto pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

jelaskan metode pengalihan dana dalam sistem keuangan dengan: a. Metode Pembiayaan Langusng b. Metode Pembiyaan Semi langsung c. Metode Pembiayaan Tidak Langsung

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Metode pengalihan dana dalam sistem keuangan yaitu sebagai berikut:

  1. Metode pembiayaan langsung yaitu suatu cara pemberian kredit apabila unit surplus bertemu langsung dengan unit defisit dan menukarkan dananya dengan aset finansial tanpa melalui lembaga keuangan atau bantuan dari pihak ketiga
  2. Metode pembiayaan semi langsung adalah suatu proses pertukaran dana sangat tergantung pada intervensi dari pihak ketiga dan transaksi pinjam-meminjam uang yang melibatkan perantara pedagang efek. Pihak ketiga tersebut adalah brokers, dealers, investment banker untuk menyelesaikan transaksi pemijaman dana tersebut.
  3. Metode pembiayaan tidak langsung, yaitu surplus menyimpan uangnya dalam bentuk sekuritas sekunder seperti giro, tabungan, deposito berjangka, sertifikat deposito, polis asuransi, dan lain-lain. sementara itu unit defisit menyimpan uangnya dalam bentuk sekuritas primer seperti obligasi, saham, dan lain-lain.

Pembahasan

Sistem keuangan merupakan tatanan perekonomian dalam suatu negara yang berperan dalam melakukan aktivitas dalam berbagai jasa keuangan yang diselenggarakan oleh lembaga keuangan. Sistem keuangan tersebut terdiri dari institusi-institusi keuangan yang mempertemukan unit-unit ekonomi untuk menabung dengan unit-unit ekonomi untuk berinvestasi. Batasan menabung yaitu pembelian produk produk finansialdan investasi adalah pembelian produk – produk barang dan jasa non finansial. Sistem keuangan yaitu memindahkan dana dari penabung (unit surplus) dan meminjamkannya kepada peminjam (unit defisit) untuk digunakan sesuai kebutuhan yang ada.

Metode pengalihan dana dari penabung (unit surplus) dan meminjamkannya kepada peminjam (unit defisit) untuk digunakan sesuai kebutuhan yang ada dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  1. Pembiayaan Langsung
    Metode pembiayaan langsung dapat terjadi jika penabung bertemu langsung dengan peminjam dan menukarkan dananya dengan aset finansial tanpa melalui lembaga keuangan atau yang biasa disebut pihak ketiga. Contohnya seseorang meminjam dana dari orang lain dengan memberikan sebuah surat utang sebagai tanda telah meminjam dana.
  2. Pembiayaan Semi Langsung
    Metode yangd dapat terjadi apabila transaksi pinjam-meminjam uang melibatkan perantara pedagang efek. Perantara edagang efek dapat dilakukan oleh perusahaan efek. Proses transfer dana sangat bergantung pada peran dan intervensi pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut adalah broker dan dealer. Adanya broker dan dealer dapat mengurangi biaya transaksi dan biaya informasi yang biasanya muncul dalam pembiayaan langsung. Adapun kelemahan dari metode ini yaitu resiko likuiditas yang dihadapi terutama apabila pasar modal berkembang.
  3. Pembiayaan Tidak Langsung
    Metode ini dilakukan dengan bantuan lembaga intermediasi keuangan yaitu bank, perusahaan asuransi, dana pensiun, perusahaan pembiayaan, perusahaan efek, dan juga reksa dana. Lembaga intermediasi berperan melayani penabung dan peminjam dengan cara yang lebih kompleks. Lembaga intermediasi di satu pihak menerbitkan sekuritas sekunder seperti tabungan, giro, deposito, asuransi, dan sebagainya kepada penabung dan di lain pihak menerima surat utang dari peminjam. Metode ini lebih cocok digunakan oleh masyarakat karena tingkat resiko kecil dan biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak yang bersangkutan cukup rendah.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang metode sistem keuangan yomemimo.com/tugas/14173066
  2. Materi tentang sistem keuangan //yomemimo.com/tugas/1903450
  3. Materi tentang metode pengalinan dana pembiayaan semi yomemimo.com/tugas/40452331

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 5

Kode: 10.12.5

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh windiprtw123 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 11 Aug 22