Dalam penyusunan RAPBN dan RAPBD, sering terjadi defisit anggaran, jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Kikiserawaicity5036 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam penyusunan RAPBN dan RAPBD, sering terjadi defisit anggaran, jelaskan pengertian defisit, dan bagaimana untuk mengatasinya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam hal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), defisit dapat diartikan sebagai selisih kekurangan antara pendapatan daerah atau negara dengan belanja daerah atau negara. Apabila suatu APBD maupun APBN mengalami defisit, maka hal tersebut dapat diatasi dengan penerimaan pembiayaan, misalnya dengan menggunkan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun sebelumnya, penggunaan cadangan, penerimaan pinjaman, hasil penjualan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan penerimaan kembali pemberian pinjaman atau penerimaan piutang.

Pembahasan:

Defisit dapat diartikan sebagai kekurangan keuangan dalam kas sebagai akibat pengeluaran yang lebih besar daripada penghasilan. Dalam hal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), defist dapat diartikan sebagai selisih kekurangan antara pendapatan daerah atau negara dengan belanja daerah atau negara. Dalam hal ini pendapatan lebih kecil daripada biaya untuk belanja daerah.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang defisit pada yomemimo.com/tugas/45455003

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22