Keuntungan merupakan selisih antara tr dan tc. Bagaimana upaya produsen

Berikut ini adalah pertanyaan dari rara2182 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Keuntungan merupakan selisih antara tr dan tc. Bagaimana upaya produsen untuk memperoleh keuntungan yang maksimum kalau produsen itu bekerja dalam persaingan sempurna dan bagaimana upaya tersebut kalau ia sebagai monopolis?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan di pasar persaingan sempurna adalah dengan meningkatkan  produksi, tetapi ketika pendatang baru memasuki pasar, keuntungan yang awalnya meningkat secara bertahap akan menurun dan mandek, seperti dalam kasus persaingan pasar persaingan sempurna. , Pesaing memasuki pasar dengan mudah. Harga barang-barang di pasar monopoli lebih tinggi daripada di pasar persaingan sempurna. Produsen memaksimalkan keuntungan jika biaya marjinal (MC) sama dengan pendapatan marjinal (MR) atau kondisi produksi dioptimalkan dengan memenuhi kondisi MC = MR.

Pembahasan

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan banyak pembeli dan penjual. Namun, tidak ada pihak yang  dapat mempengaruhi harga, karena harga  ditentukan oleh pasar itu sendiri (jumlah penawaran dan permintaan). Selain itu, dalam pasar persaingan sempurna, agen juga  mengetahui situasi dan memiliki informasi  terkait  pasar. Dalam pasar persaingan sempurna, tidak ada intervensi pemerintah. Pasar persaingan sempurna dianggap sebagai jenis pasar yang paling ideal karena diyakini dapat menjamin terwujudnya efisiensi pasar. Selain jumlah penjual dan pembeli yang banyak, produk yang dijual di  pasar persaingan sempurna tersebut bersifat homogen. Jika jumlah perusahaan dalam  industri besar atau kecil, maka akan terjadi persaingan sempurna. Oleh karena itu, tidak ada perusahaan yang dapat mempengaruhi harga pasar.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang persaingan sempurna, pada: yomemimo.com/tugas/7004802

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Sep 22