Indikator struktur pasar berdasarkan karakteristik pasar, yaitu jumlah penjual dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ahmadripani835 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Indikator struktur pasar berdasarkan karakteristik pasar, yaitu jumlah penjual dan pembeli, sifat produk yang diperjual belikan, kemudahan masuk dan keluar tentang pasar, harga dan struktur biaya produksi. pasar, Jelaskan! pengetahuan/informasi Indikator struktur pasar berdasarkan karakteristik pasar , yaitu jumlah penjual dan pembeli , sifat produk yang diperjual belikan , kemudahan masuk dan keluar tentang pasar , harga dan struktur biaya produksi . pasar , Jelaskan ! pengetahuan / informasi​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ini adalah pengetahuan atau informasi Indikator struktur pasar berdasarkan karakteristik pasar:

  • Jumlah penjual dan pembeli

Jumlah pembeliyang cukup besar sehingga kecil kemungkinanpembeli dapat mengatur harga, namun pada produk yang dibuat dalam kuantitas yang besar dan berkelanjutan maka pembeli dapat menekan harga penjual.

  • Sifat produk yang diperjual belikan

Perbedaan atau diferensiasi dari sifat produk dapat menciptakan market power sehingga dapat menurunkan intensitas persaingan. Diferensiasi bisa terjadi pada kualitas produk yang sama tetapi berbeda warna, rasa dan lainnya, atau jenis produk yang sama tetapi kualitasnya yang berbeda.

  • Kemudahan masuk dan keluar tentang pasar

Pada umumnya kemudahan dari masuk dan keluar tentang pasar dipengaruhi oleh faktor faktor alamiah (seperti perbedaan akses teknologi yang digunakan dalam proses produksi) maupun faktor non-alamiah (seperti menghalangi new entranst untuk bisa masuk ke dalam industri dan kebijakan pemerintah).

  • Struktur biaya produksi pasar

Struktur biaya ini berhubungan dengan bagaimana perusahaan dapat menciptakan skala ekonomi, lingkup ekonomi, maupun perubahan teknologi yang dapat memenangkan persaingan akibat operasi perusahaan efisien.

Pembahasan

Struktur pasar (market structure) merupakan keadaan pasar yang memberi petunjuk tentang aspek yang memiliki pengaruh penting terhadap perilaku usaha dan kinerja pasar. Aspek - aspek yang menentukan struktur pasar yaitu jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk dan keluar pasar, keragaman produk, sistem distribusi dan penguasaan market power.

Struktur pasar juga dapat diartikan sebagai suatu variabel yang menunjukkan karakteristik dan kondisi suatu pasar seperti jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk, keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan pasar. Struktur pasar terkait jumlah dan ukuran distribusi perusahaan dalam pasar serta mudah atau sulitnya masuk dan keluar dari pasar.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh struktur pasar pada yomemimo.com/tugas/1772344

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Oct 22